Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Minum Jamu Setiap Hari?

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum jamu sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia secara turun temurun. Selain bagian dari kebiasaan, kegiatan ini juga jadi upaya untuk menjaga kesehatan. 

Dengan beragam manfaatnya, tak jarang pula ada yang akhirnya bergantung dengan jamu. Terutama ketika memasuki musim pancaroba yang rentan dengan serangan berbagai penyakit.

Namun, apakah minum jamu setiap hari bisa berbahaya? 

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si. mengataka, minum jamu setiap hari justru dianjurkan. 

“Kebiasaan minum jamu sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat sehari-hari,” ujar Inggrid kepada Kompas.com, saat ditemui di RSUD Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024). 

Sejalan dengan hal itu, saat ini PDPOTJI juga tengah melakukan edukasi pembiasaan minum jamu setiap hari di RSUD Taman Sari Jakarta Barat. Pembiasaan ini lewat acara bagi-bagi jamu setiap Jumat pagi, selama bulan Januari-Februari 2024. 

Inggrid melanjutkan, hal itu dilakukan sebagai pengenalan sekaligus upaya pembiasaan masyarakat untuk minum jamu setiap hari. 

Adapun Kementerian Kesehatan juga telah memperbolehkan adanya pengobatan menggunakan obat tradisional, dengan syarat sudah teruji secara klinis. 

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, pihak kementerian pun mencanangkan program gerakan minum jamu guna mengajak masyarakat memanfaatkan jamu untuk meningkatkan kesehatannya. 

  • Seberapa Efektif Minum Jamu untuk Menurunkan Berat Badan?
  • Jamu Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO

Ingat dosis yang tepat

Meski demikian, Inggrid pun mengingatkan agar masyarakat tak mengonsumsi jamu secara berlebihan. 

“Minum jamu itu maksimal satu sampai dua kali sehari. Untuk kondisi tertentu, jika memang sedang sakit, bisa tiga sampai empat kali sehari. Tetapi, yang aman ya cukup satu sampai dua kali sehari,” pungkasnya. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/06/084529920/bolehkah-minum-jamu-setiap-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke