Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ciri-ciri Kulit Sehat yang Perlu Diketahui, Warna Merata 

KOMPAS.com - Kulit sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Oleh sebab itu, banyak orang rela melakukan perawatan agar mendapatkan kulit sehat. 

Lantas, apa ciri-ciri kulit sehat? Simak ulasannya berikut ini. 

  • 5 Rekomendasi Makanan Kaya Vitamin E, Bikin Kulit Sehat
  • 5 Cara Mengatasi Kulit Lelah, Jangan Lupa Hidrasi dan Tidur

Definisi kulit sehat

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, memaparkan definisi kulit sehat. 

“Kulit sehat ditandai dengan kondisi kulit yang dapat berfungsi secara optimal dan terlihat dalam kondisi baik,” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (9/1/2024). 

Kulit memiliki sejumlah peran penting bagi tubuh. Arini menuturkan, kulit bersama dengan rambut dan kuku, merupakan pelindung tubuh. Selain itu, kulit mencegah kuman masuk ke dalam tubuh dan merusak organ-organ internal. 

“Kulit mendukung kehidupan seluruh bagian tubuh lainnya dan berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kulit juga membantu mengatur suhu tubuh melalui kelenjar keringat,” terangnya. 

Ketika tubuh menjadi terlalu panas, lanjut Arini, kelenjar keringat mengeluarkan kelembapan atau keringat, yang mendinginkan tubuh saat keringat menguap. 

Sebagai bagian tubuh yang bertanggung jawab atas indera peraba, kulit juga bekerja dengan sistem saraf untuk memberi peringatan kepada tubuh terhadap bahaya potensial dengan mendeteksi tekanan, rasa sakit, panas, dan dingin. 

Ciri-ciri kulit sehat 

Berikut enam ciri-ciri kulit sehat yang disampaikan Arini kepada Kompas.com. 

Sebagai catatan, Arini menuturkan, bahwa tipe kulit individu bervariasi, sehingga apa yang dianggap sehat untuk satu orang mungkin berbeda dari yang lain. 

Selain itu, ada beberapa faktor seperti genetika, gaya hidup, dan pengaruh lingkungan yang memainkan peran dalam kesehatan kulit. 

“Rutin perawatan kulit, pola makan seimbang, hidrasi, dan perlindungan dari elemen berbahaya berkontribusi untuk menjaga kesehatan kulit,” tuturnya. 

  • Iritasi hingga Kulit Jenuh, 5 Dampak Pakai Pelembap Berlebihan
  • 5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

1. Nyaman

Kulit yang sehat terasa nyaman dan tidak menunjukkan sensasi seperti nyeri, terbakar, atau gatal. 

Kulit yang sehat tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, tumor, dan lainnya. 

“Masalah kulit yang serius sebaiknya diatasi dengan bantuan profesional kesehatan,” ucapnya. 

3. Warna kulit merata

Arini menuturkan, kulit sehat bukan berarti kulit yang sempurna dan tanpa cela. Namun, kulit yang sehat biasanya memiliki warna merata. 

“Warna dapat membantu identifikasi masalah kulit, misalnya perubahan warna kulit pada kanker kulit atau terdapat ruam-ruam merah pada penyakit kulit dengan peradangan,” jelasnya. 

Ciri-ciri kulit sehat selanjutnya adalah terhidrasi dengan baik. Arini mengatakan, seharusnya kulit tidak kering, bersisik, atau kasar. 

“Hidrasi yang baik berkontribusi pada kekenyalan kulit dan tekstur yang halus,” jelasnya. 

5. Tidak ada benjolan 

Kulit yang sehat biasanya tidak memiliki benjolan. Selain itu, kulit sehat bebas dari tahi lalat yang tidak dapat dijelaskan secara medis.

“Perubahan yang tidak biasa sebaiknya diamati dan diperiksa oleh dokter spesialis kulit untuk screening kanker kulit,” tuturnya. 

6. Tidak ada peradangan

Terakhir, ciri-ciri kulit sehat adalah tidak berwarna merah atau meradang. Peradangan dapat menunjukkan masalah seperti alergi atau infeksi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/09/133322320/6-ciri-ciri-kulit-sehat-yang-perlu-diketahui-warna-merata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke