Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Bosan Saat LDR, Saling Beri Kejutan

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin mencari tahu cara mengatasi bosan saat LDR atau Long-Distance Relationship karena merasakan hubungannya mulai terasa hambar.

Situasi ini sebaiknya tidak dibiarkan berlarut karena dapat memicu berbagai konflik dan permasalahan di dalam hubungan.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat bosan LDR?

Untuk mengetahuinya, simak beberapa tips yang telah dirangkum Kompas.com dari laman Mind Body Green dan Healthline berikut ini.

Cara mengatasi bosan LDR

1. Tetap saling terhubung

Hanya karena saling mengirim pesan atau berbicara setiap hari di telepon, bukan berarti kita benar-benar terhubung dengan pasangan.

Konselor pasangan, Jessa Zimmerman, MA, CST mengatakan, dibutuhkan lebih dari sekadar ucapan selamat pagi atau malam untuk merasa terhubung dengan pasangan.

"Ingatlah untuk benar-benar berbagi dan berdiskusi satu sama lain, saling menghibur, dan menjaga agar percakapan tetap berlangsung secara mendalam," terangnya.

Bicarakan hal-hal seperti tujuan, impian, rintangan, dan tantangan. Berikan pasangan kesempatan untuk mendukung kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari begitu pula sebaliknya.

2. Berkomunikasi dalam metode yang bervariasi

Penting untuk menjaga agar metode yang dilakukan selama berkomunikasi tidak monoton demi mengurangi kebosanan.

Dikutip dari Healthline, misalnya, kita dapat berbagi foto dan video, mengobrol di aplikasi lain yang lebih menarik, mengirim pesan teks sesekali, dan melakukan panggilan telepon saat istirahat makan siang atau saat bangun di pagi hari.

Perlu juga diingat bahwa beberapa orang mungkin merasa kewalahan saat melakukan banyak percakapan, jadi ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Kuncinya, temukan cara berkomunikasi terbaik yang paling cocok untuk kamu dan pasangan.

3. Jadwalkan waktu bersama

Pastikan untuk membuat jadwal bertemu yang rutin, bila hubungan LDR masih satu kota atau di kota berbeda tetapi cukup dekat.

Untuk kasus LDR berbeda negara, sebisa mungkin sempatkan waktu untuk berbicara secara intens, baik melalui panggilan telepon atau video.

"Entah itu panggilan telepon selama berjam-jam, menonton film, atau malam memiliki bersama, hal itu akan sangat membantu kita mempertahankan koneksi dan mencegah rasa bosan," kata seorang pakar seks dan hubungan, Jordan Gray.

Selain menjadwalkan kapan akan mengunjungi satu sama lain secara berkala, jadwalkan juga waktu berkualitas mingguan bersama di antara kunjungan.

Terutama bagi pasangan LDR yang sudah menikah, menjaga keintiman seksual adalah tantangan utama dalam banyak hubungan jarak jauh.

Jika sebelumnya menikmati hubungan seks yang teratur, kita mungkin akan kesulitan dengan berkurangnya kontak intim selama berminggu-minggu (atau bahkan berbulan-bulan).

Tetapi kita masih bisa terhubung secara intim, bahkan dari kejauhan, baik itu melalui, pesan teks, dan juga panggilan telepon atau video.

Meski begitu, kehidupan seks setiap pasangan bisa berbeda-beda, jadi mencari tahu apa yang kalian berdua sukai dan apa yang cocok adalah hal penting.

"Buatlah daftar tentang apa yang bisa dilakukan lakukan untuk menjaga agar percikan seksual dan keintiman tetap hidup dari jarak jauh," saran psikolog klinis, Perpetua Neo, DClinPsy.

5. Saling memberi kejutan

Cara lain untuk menjaga agar kebahagiaan tetap hidup dalam hubungan adalah dengan memprioritaskan kejutan, baik besar maupun kecil.

Kita dapat mengirimkan hadiah kepada pasangan atau memberi kejutan dengan kunjungan yang tidak disangka-sangka.

"Bisa juga mengirimkan bunga, foto-foto, tiket konser, atau apa pun yang bisa mengembalikan rasa cinta," ungkap Gray.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/16/111923720/5-cara-mengatasi-bosan-saat-ldr-saling-beri-kejutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke