Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Lebih Sehat

KOMPAS.com - Indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi dapat menjadi penanda kita kelebihan berat badan atau obesitas.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung hingga kanker.

Ahli gizi dan penulis, Lisa Young, PhD, RDN menjelaskan, mencapai BMI yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko terkena kondisi kronis serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk itu, diperlukan perubahan gaya hidup yang lebih baik jika kita ingin menurunkan berat badan dan memiliki BMI yang lebih sehat.

Cara cepat dan sehat menurunkan berat badan

Pengertian cepat di sini bukanlah instan, karena penurunan berat badan yang sehat berkisar antara 1 kg hingga 2 kg dalam seminggu. Penurunan lebih dari itu dianggap kurang sehat karena artinya kita memaksa tubuh untuk kekurangan nutrisi.

Dilansir dari laman Eat This Not That, Kamis (25/1/2024), berikut adalah beberapa cara yang relatif cepat dan sehat yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

1. Berolahraga secara teratur

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga, secara teratur sangat baik untuk pikiran, tubuh, dan jiwa.

Olahraga juga dapat membantu kita terhindar dari berbagai penyakit dan membuat tubuh tetap awet muda serta membantu menjaga BMI yang sehat.

Menurut Young, olahraga teratur penting karena membantu membakar kalori dan membentuk otot yang dapat menurunkan lemak tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme.

"Hal ini dapat menyebabkan BMI yang lebih rendah karena komposisi tubuh membaik," terangnya.

Ahli kebugaran di Blink Fitness, Ellen Thompson, CPT, juga menyarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu.

"Olahraga seperti jalan kaki, jogging, berenang atau bersepeda sangat baik. Menambahkan latihan kekuatan untuk membentuk otot juga dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme istirahat," katanya.

2. Tetap terhidrasi

Cara selanjutnya yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat adalah minum air putih yang cukup.

Menurut Young, minum air putih yang cukup membantu mengatur nafsu makan dan mendukung metabolisme.

Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan membantu mengontrol berat badan yang lebih sehat.

3. Kurangi makanan olahan

Makanan olahan seperti keripik, daging yang diproses, dan makanan instan adalah penyebab berat badan kita bertambah.

Maka dari itu, Young pun mendorong kita untuk mengurangi atau menghindari makanan olahan.

"Mengurangi asupan makanan olahan akan membantu mengelola asupan kalori dan berkontribusi pada BMI yang lebih sehat," jelasnya.

"Batasi makanan olahan karena mengandung banyak gula tambahan dan lemak tidak sehat, lalu fokuslah pada makanan padat nutrisi," saran dia.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga metabolisme yang sehat.

Young menerangkan, kurang tidur dapat memengaruhi nafsu makan yang menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan mengidam sehingga berkontribusi pada kenaikan berat badan dan BMI yang lebih tinggi.

Menurut Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur nyenyak selama tujuh jam atau lebih setiap malam. Jika kurang, kinerja tubuh akan terganggu.

Mungkin ada baiknya kita melakukan rutinitas malam hari yang santai, tetap berpegang pada waktu tidur yang sama, dan hindari gadget, kafein, atau alkohol sebelum tidur.

5. Menjaga pola makan yang seimbang

Memberi makan tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkannya melalui makanan utuh dan tidak diproses adalah sesuatu yang harus diprioritaskan jika kita ingin menurunkan berat badan secara sehat.

"Mengonsumsi makanan yang seimbang akan memberikan nutrisi penting, membantu mengatur nafsu makan, dan mendukung metabolisme yang sehat," kata Young.

"Konsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian membantu manajemen berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," lanjut dia.

Thompson juga menyarankan kita untuk mempraktikkan kontrol porsi yang mudah dilakukan dengan menggunakan piring yang lebih kecil agar dapat menghindari makan secara berlebihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/26/060600620/5-cara-cepat-menurunkan-berat-badan-dengan-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke