Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Tempat Kencan Pertama, Ada Kafe dan Venue Konser

KOMPAS.com - Kencan pertama (first date) bisa menjadi momen untuk membangun koneksi dan kesamaan pada awal hubungan bersama gebetan. Namun, terkadang lokasi kencan pertama bisa sulit ditentukan, apalagi jika belum pernah kencan sebelumnya.

Seorang pakar kencan dan pendiri aplikasi kencan Darma Dating, Meredith Golden mengatakan, penting untuk menghabiskan waktu bersama gebetan di tempat-tempat menarik saat kencan pertama.

"Maka, beberapa kencan pertama terbaik biasanya berpusat pada berbagai aktivitas yang menyediakan banyak topik diskusi, sekaligus menciptakan jeda alami dari percakapan," tutur Golden, dikutip dari Business Insider, Selasa (30/1/2024).

Nah, jika kamu sedang merencanakan kencan pertama bersama gebetan, berikut beberapa ide tempat yang berkesan untuk dikunjungi.

Menjadikan kafe atau kedai kopi sebagai lokasi first date memang terlihat sederhana. Namun, lokasi tersebut bisa menjadi bermakna.

Menurut pakar hubungan, Nancy Ruth Deen, mengagendakan kencan pertama di kafe pada Sabtu atau Minggu pagi dapat menciptakan suasana yang lebih santai, ketimbang makan malam di restoran.

Agar percakapan tetap mengalir, kamu bisa mempersiapkan beberapa pertanyaan atau topik yang nantinya diajukan satu sama lain.

Jika kamu dan gebetan suka membaca buku maka kencan pertama di toko buku atau perpustakaan bisa jadi pilihan. Kalian bisa berjalan-jalan di antara rak sembari mengobrol tentang bahan bacaan favorit. 

"Buku dapat mengungkapkan banyak hal tentang seseorang," tutur salah satu pakar hubungan dari situs web kencan daring eHarmony, Laurel House, dikutip dari Today.

Ia pun menyarankan untuk memilih toko buku atau perpustakaan yang ciamik. Selanjutnya kamu dan gebetan bisa memilih buku favorit atau sesuatu yang ingin dibaca, lalu saling bercerita.

Piknik di taman atau ruang terbuka termasuk kegiatan yang romantis untuk dilakukan saat kencan pertama.

Pilih taman yang Instagramable dan teduh. Jangan lupa bawa bekal favorit kalian dan habiskan waktu bersama untuk mengobrol.

"Berbagi makanan saat piknik adalah salah satu ide kencan yang berkesan karena dapat menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman," ujar pakar kencan, Evin Rose.

"Ditambah lagi, alam dapat menciptakan lingkungan yang tenang dan menenangkan untuk kencan pertama," imbuhnya.

Penelitian menunjukkan bahwa menghadiri konser musik apa pun akan meningkatkan kadar dopamin, sekaligus membantu memunculkan perasaan terhubung di antara para penonton.

Menurut survei tahun 2019, sebanyak 81 persen orang yang pergi ke konser pada kencan pertama juga berlanjut ke kencan kedua.

Selain itu, pasangan yang menikmati musik bersama melihat adanya peningkatan dalam komunikasi, hubungan emosional, dan kepuasan hubungan secara keseluruhan.

Dengan menonton pertunjukan musik, kamu tidak perlu stres untuk menjaga percakapan tetap berjalan. Musik pun dapat memicu percakapan tentang preferensi yang kalian miliki.

Kencan di museum atau galeri seni juga bisa memantik banyak hal untuk didiskusikan, baik itu saat melihat artefak kuno maupun pameran fotografi.

"Mengomentari karya-karya tersebut dapat mengungkapkan detail menarik tentang kepribadian, preferensi, dan pengalaman masing-masing," tutur Evin Rose.

Tidak hanya itu, seni juga dapat membangkitkan respons emosional yang kuat yang membantu pasangan menyelami topik yang lebih dalam, dibanding sekadar terlibat dalam obrolan ringan.

Singkatnya, aktivitas ini dapat mendorong hubungan yang lebih bermakna.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/30/205825320/5-ide-tempat-kencan-pertama-ada-kafe-dan-venue-konser

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke