Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Beda Bra dan Bralette? 

KOMPAS.com -  Bra merupakan pakaian dalam yang tidak terpisahkan dari perempuan. Kaum hawa pada umumnya memiliki prefensi bra masing-masing yang memberikan kenyamanan. 

Ada beragam jenis bra, seperti bra biasa, bralette, push up bra, strapless bra, sport bra, bra menyusui, dan sebagainya. Dalam beberapa waktu terakhir, popularitas bralette perlahan naik sehingga banyak perempuan yang mengenakannya. 

  • 7 Rekomendasi Merek Bra yang Bagus dan Berkualitas 
  •  6 Rekomendasi Merek Bra Tanpa Kawat yang Nyaman Dipakai Seharian

Lantas, apa perbedaan bra dan bralette? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Real Simple dan Luxury Lifestyle Magazine. 

Bra dan bralette adalah produk serupa tapi tak sama. Namun, keduanya sama-sama sudah ada selama lebih dari 100 tahun lalu, dilansir dari Real Simple dan Luxury Lifestyle Magazine. 

Selama bertahun-tahun, baik dan bralette terus berkembang dan berubah sesuai selera konsumen, mode, dan teknologi modern. Berikut beda bra dan bralette, dilansir dari Real Simple dan Luxury Lifestyle Magazine. 

Desain 

Desain bra pada umumnya terdiri dari bantalan, tali bra, karet pengait, dan karet pada sebagian jenis. Bra mampu menopang payudara karena diperkuat dengan bantalan. 

Sementara itu, bralette tanpa kawat serta memiliki bantalan tipis atau bahkan tanpa bantalan. 

Biasanya, bralette terbuat dari kain lembut yang menyerap keringat. Sebagian bralette dilengkapi dengan renda sebagai aksen. 

Karenanya, bralette terasa lebih nyaman dan mampu menciptakan bentuk payudara lebih alami, karena strukturnya mengikuti bentuk payudara.

Pemakaian 

Bra pada umumnya digunakan perempuan untuk aktivitas sehari-hari. Sementara, bralette dipakai pada acara santai, seperti liburan atau saat berdiam diri di rumah. 

Didesain dengan mengutamakan kenyamanan, bralette memang ideal dipakai untuk acara santai. 

“Bralette cocok untuk perempuan yang mencari kenyamanan,” kata Jene Luciani, Pakar Bra dan Penulis The Bra Book, dilansir dari Real Simple.

Kemampuan menopang payudara 

Bra mampu menopang payudara secara menyeluruh. Sebab, desainnya dilengkapi dengan tali penyangga dan pengait, serta kawat pada beberapa jenis bra. 

Secara umum, bralette dianggap kurang menopang payudara dibandingkan bra biasa. Namun, bralette tetap bisa menopang payudara, meskipun kurang menyeluruh. Kemampuan bralette menopang payudara bergantung pada jenis bralette. 

“Misalnya, bralette dengan tiga bagian cup, yang memiliki jahitan di bagian depan setiap cup dan tali yang lebih lebar, atau bralette mirip sport bra dengan kandungan spandeks lebih tinggi, akan lebih menopang payudara,” jelas Luciani dilansir dari Real Simple. 

Ukuran 

Semua perempuan bisa memakai bra, karena tersedia dalam berbagai ukuran cup. Termasuk, perempuan yang memiliki ukuran payudara cenderung besar. 

Sementara itu, bralette cocok untuk perempuan dengan ukuran payudara lebih kecil. Sebetulnya, perempuan dengan payudara ukuran besar bisa saja memakai bralette, namun harus mempertimbangkan gaya serta ukuran yang pas agar lebih nyaman. 

  • 6 Cara Mencuci Bra Tempel yang Benar agar Tetap Melekat
  • 5 Cara Menjemur Bra yang Benar agar Tidak Cepat Rusak 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/18/173500920/apa-beda-bra-dan-bralette-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke