Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jauhkan Kucing dari Ibu Hamil

Kompas.com - 10/12/2008, 10:17 WIB

MEMILIKI hewan peliharaan memang menyenangkan. Namun, jika hewan itu berpotensi merusak keinginan kita untuk menjadi ibu, sebaiknya singkirkan hewan peliharaan tersebut. Hal ini tidak perlu jadi bahan perdebatan lagi.

Hewan peliharaan yang kerap membawa virus mematikan bagi janin adalah kucing. Pasalnya, kucing merupakan induk semang sejati bagi parasit toksoplasma gondi. Parasit tersebut dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi, lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, dan bahkan keguguran.

"Makanya, ibu hamil harus menjauhi kucing," kata Boyke Dian Nugraha, ahli kandungan dan pendiri Klinik Pasutri di Tebet, Jakarta.

Parasit toksoplasma tersebut hidup dalam usus kucing dan akan membentuk ookista. Bentuknya bulatan kista besar berisi dua kista kecil yang jika pecah akan mengeluarkan parasit aktif.

Ookista bisa menyebar melalui tinja kucing. Setelah pecah, parasit tersebut bisa menempel pada kaki atau bagian tubuh kucing lainnya, bulu-bulu, misalnya. "Bila bersentuhan dengan manusia, parasit itu bisa menempel dan masuk ke tubuh," kata Boyke. (Adi Wikanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com