Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIRUS: 20 Persen Massa Golkar dan PDIP Hijrah ke Demokrat

Kompas.com - 09/04/2009, 22:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sekitar 20 persen massa yang memilih Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada pemilihan umum 2004 diperkirakan hijrah ke Partai Demokrat.

Hal ini didasarkan pada perolehan suara versi exit poll yang dilakukan oleh CIRUS Surveyor Group di 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Indonesia hari ini. "Pada dasarnya, mereka yang pindah ke Partai Demokrat, bukan simpatisan loyal Golkar dan PDIP," ujar pimpinan proyek penghitungan cepat pemilu legislatif pada jumpa pers, Kamis (9/4) di Jakarta.

Angka tersebut terdiri dari 11,09 persen massa Golkar dan 7,91 massa PDIP. Sementara itu, dari sekian juta surat suara yang diraih partai bernomor urut 31 tersebut, 50 persen di antaranya merupakan pemilih loyal Demokrat karena mereka juga memilih partai yang sama pada tahun 2004.

Sementara itu, dari partai-partai agamis seperti Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa, Demokrat berhasil meraih 8,58 persen massa mereka. Angka tersebut terdiri dari 1,06 persen massa PKS, 1,83 persen massa PPP 2,31 persen massa PAN, dan 3,38 persen massa PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com