Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Home Service Business", Balik Modal dalam Setahun

Kompas.com - 23/03/2010, 11:22 WIB

KOMPAS.com — Home service business adalah bisnis jasa yang memberikan pelayanan ke rumah. Apa saja yang bisa dijadikan home service business? Mulai dari jasa menjual dan mengantarkan bahan makanan pokok, jasa cuci mobil panggilan, mobile spa, laundry (dari pakaian hingga karpet dan sofa), salon hewan, hingga membersihkan apartemen pun bisa. Atau seperti yang dilakukan Maya Permana, yang melakukan home service business home cleaning.

Maya Permana (32) merupakan pemilik Green Look, usaha home cleaning service panggilan. Ia menceritakan bahwa usaha bisnisnya ini dimulai sekitar setahun lalu. Modal awal yang ia gunakan sekitar Rp 15 juta. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli peralatan, seperti mesin cuci, vacuum cleaner, dan steamer.

Bisnis yang diliputi Maya adalah laundry, home cleaning, dan treatment tubuh (massage). Segmen yang ia incar adalah penghuni apartemen, yang cenderung segalanya serba cepat, simpel, dan tidak mau repot. Jadi, ketika para pelanggan butuh apartemennya dibersihkan atau bajunya dicuci, mereka tinggal menelepon jasa ini.

Untuk tenaga kerja, Green Look memiliki tiga orang. Untuk treatment, cleaning, dan antar jemput. Pemasaran yang Maya lakukan adalah dengan membuat brosur dan dititipkan ke berbagai apartemen. Berawal dari mulut ke mulut, pelanggannya pun makin meningkat setiap hari. "Tak sampai setahun, modal saya sudah kembali," kata Maya.

(Erma Dwi Kusumastuti/Majalah Chic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com