Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Panjang Menemukan "Passion"

Kompas.com - 24/03/2010, 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk bisa menetapkan karir yang akan ditempuh, seseorang harus memiliki passion (keinginan besar). Akan tetapi, proses untuk menemukan passion itu bukanlah perkara mudah.

Hal ini diiyakan oleh Career Coach Rene Suhardono. "Saya sendiri baru bisa menemukan passion saya setelah berproses selama sembilan tahun," katanya saat konferensi pers peluncuran bukunya yang berjudul, Your Job Is Not Your Career di Plaza Kuningan, Jakarta, Rabu (24/3/2010).

Dikatakannya, menjadi orang yang sering berpindah-pindah pekerjaan, atau disebut dengan "kutu loncat", bukanlah sebuah masalah. "Yang jadi masalah justru alasan dia berpindah-pindah. Kalau dia memang mencari passion-nya, tentu sangat baik. Tetapi alangkah sayangnya ketika berpindah-pindah, yang dicari hanya kenaikan gaji beberapa persen," tambahnya.

Selain itu, dia juga perlu motivasi untuk bisa menemukan passion. "Motivasi ini bukan didapat dari kata-kata motivator. Karena saya percaya, yang bisa memotivasi diri bukanlah motivator, melainkan diri sendiri," tandasnya.

Melalui buku terbarunya yang baru saja diluncurkan, Rene Suhardono bermaksud untuk mengubah pandangan orang yang seringkali menyamakan karir dengan pekerjaan. Tak hanya itu, dalam bukunya ini ia juga menjelaskan mengenai passion, happiness dan fulfillment (pemenuhan) yang penting dicapai oleh seseorang dalam berkarir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com