Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Malaysia ke Bali Meningkat

Kompas.com - 01/09/2010, 21:04 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Di tengah memanasnya hubungan Indonesia dengan Malaysia, dunia pariwisata mulai was-was jika ketegangan ini akan berpengaruh terhadap menurunnya jumlah pengunjung wisatawan Malaysia ke Indonesia, khususnya ke Pulau Bali.

Padahal tren kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Bali terus meningkat sejak 3 tahun terakhir. “Tingkat kunjungan terus naik karena jumlah pesawat (Malaysia ke Bali) nya banyak,” ujar Ida Bagus Ngurah Wijaya, Ketua Bali Tourism Board (BTB) di Sanur, Denpasar, Rabu (1/9/2010).

Bahkan sejak awal tahun 2010, posisi Malaysia menggeser China di peringkat ketiga sebagai negara dengan jumlah wisatawan tertinggi yang berkunjung ke Bali. Peringkat pertama dan kedua masih didominasi Australia dan Jepang.

Dari data statistik BTB, dari bulan Januari hingga Juni, sebanyak 70.900 wisatawan asal Malaysia yang berkunjung ke Bali. Tren tersebut terus meningkat setiap bulannya. Pada bulan April tingkat kunjungan 11.947, meningkat di bulan Mei menjadi 13.888 wisatawan. Jumlah tersebut bertambah menjadi 15.870 kunjungan pada bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com