Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Rias Wanita Berkerudung dari Negeri Jiran

Kompas.com - 19/11/2010, 12:39 WIB

KOMPAS.com - Karena sekujur tubuhnya akan tertutup oleh busana, serta rambut tertutup oleh kerudung, pusat perhatian dari wanita berkerudung akan terletak pada bagian wajahnya. Tak ada salahnya kan untuk mengoptimalkan kecantikan riasan daerah tersebut?

Beberapa waktu lalu, Kompas Female mendapat kesempatan untuk melihat langsung pelaksanaan Islamic Fashion Festival (IFF) XI yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Gelaran yang diprakarsai oleh Dato' Raja Rezza Shah dari Malaysia ini bervisi untuk menyatukan negara-negara yang memiliki perempuan-perempuan penganut agama Islam yang banyak mengenakan busana muslim (berkerudung), seperti Malaysia, Indonesia, dan Uni Emirat Arab.

Untuk keempat kalinya, perusahaan kosmetik Indonesia, Martha Tilaar, dengan brand-nya, PAC (Professional Artist Cosmetic) menjadi kosmetik resmi yang mensponsori IFF. Di sana, tim artistik PAC Martha Tilaar Jakarta bergabung dengan tim dari Malaysia untuk mendandani lebih dari 30 model per hari selama seminggu. Menurut Erlisativani, selain untuk memperkenalkan kembali brand PAC ke masyarakat Malaysia, juga sekaligus memperkenalkan tren warna baru kepada masyarakat Malaysia.

Menurut Faizal Aziz, Regional Marketing Manager Martha Tilaar di Malaysia, "Kami perhatikan, sejak kami perkenalkan tren riasan wajah 2008, tema Gold, yakni smokey eyes dan bibir cenderung pucat, hingga sekarang, masyarakat Malaysia masih menggunakan riasan ini. Riasannya berpusat pada mata, menggunakan eyeliner dan eyeshadow hitam atau coklat di sekitar mata, lalu ditambahkan lagi bulu mata palsu. Padahal, riasan mata seperti ini tak cocok untuk semua jenis mata. Lebih tepat untuk dikenakan oleh mereka yang bermata kecil atau sipit. Kalau hitam terus, terlihat seperti burnt."

Ditambahkan lagi oleh Faizal, "Sementara saat ini di luaran, gaya tata rias sudah berkembang. Tak harus berat begitu setiap saat. Di acara ini, kami ingin memperkenalkan riasan alternatif dari gaya semacam itu. Kami perkenalkan pula warna-warna soft untuk mata dan bibir, tetapi tetap ada warna, tidak benar-benar nude. Karena di sini sangat fanatik dengan smokey eyes, kami berikan alternatif untuk mengurangi efek smokey eyes yang terlalu pekat dengan secukupnya saja."

Tema riasan yang diperkenalkan pada pagelaran IFF XI yang digelar di JW Marriott Kuala Lumpur itu adalah bright dan glamour, fokusnya tetap pada mata dan bibir. Faizal memberikan tips, untuk wanita berkerudung, karena memusatkan perhatian pada daerah wajah, khususnya mata dan bibir. Karena sekeliling wajah sudah terbingkai dengan kerudung, tak perlu terlalu repot dengan shading. Lalu menambahkan sedikit pemulas pipi di atas tulang pipi dengan warna pink. Sementara untuk bibir, Faizal mengatakan, warna. "Masyarakat Malaysia, masih mengikuti diva sini, Siti Nurhaliza yang gemar menggunakan warna nude, namun belakangan Siti suka mengenakan warna merah. Lumayan memberikan warna supaya tidak terlalu pucat."

Mengenai koreksi wajah, masyarakat Indonesia sangat gemar dengan shading, sementara Faizal tidak menyarankan hal tersebut untuk kaum muslimah yang menggunakan kerudung, "Muslimah itu wajahnya sudah terbingkai karena dikelilingi kerudung, sehingga tak perlu banyak shading, cukup tutupi warna kulit yang tidak rata dengan two way cake, tak perlu foundation untuk siang hari. Pipi pun sudah terangkat karena kerudung, tinggal tambahkan sedikit blush on di bagian tulang pipi. Lalu, untuk makin mempertegas mata kecil, tambahkan eyeliner di bagian atas kelopak mata dan bagian luar kelopak mata bawah, bubuhkan sedikit eyeshadow, dan tambahan lipstik."

Kesalahan tersering para perempuan saat mengenakan riasan, menurut Faizal, adalah saat pemakaian base, khususnya two way cake. "Perlu diketahui, cara pemakaian two way cake seharusnya ditepuk-tepuk saja pada kulit wajah, bukan ditarik, karena bisa meninggalkan garis tidak merata. Kalau pakai foundation, juga seperti itu, ditepuk-tepuk saja, karena kalau ditarik, bisa terlihat retak-retak. Foundation cukup dikenakan untuk acara malam saja. Kalau kulitnya amat tidak rata, baru bisa dipakai harian," jelas Faizal di malam terakhir peragaan busana IFF kepada Kompas Female.

Pemilihan warna riasan wajah juga penting untuk diperhatikan. Menurut Faizal, hindari penggunaan warna yang berlebihan karena bisa bertabrakan dengan warna kerudung yang mengelilingi wajah, atau lebih parah, senada persis dengan warna busana. Sebisa mungkin gunakan variasi warna pada eyeshadow yang disesuaikan dengan busana. Faizal mencontohkan, "Misal, busana yang kita gunakan warna hijau, eyeshadow bisa gunakan campuran warna hijau dengan kuning. Atau busana warna merah, bagian eyeshadow bisa dipadukan warna merah dan hitam, hingga timbul warna keunguan. Jangan terpaku karena busana kita warna hijau, lalu eyeshadow kita harus hijau juga, nanti kurang menarik jadinya. Carilah warna lain yang senada dan sepadan. Setidaknya percampuran 2 warna yang sepadan, dan hal ini bisa dipelajari dengan berlatih dan sering-sering lihat tren warna atau kalau memang berniat, ikutlah kelas-kelas kecantikan untuk memperkaya pengetahuan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com