Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lace dan Metalik Bakal Populer Tahun Ini

Kompas.com - 15/03/2011, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Apa yang bakal ngetren untuk musim semi 2011? Para desainer menerjemahkannya dalam pilihan warna, bahan, motif, dan penampilan secara keseluruhan. Ada beberapa tren yang masih berulang, seperti motif bunga atau gaya boyfriend. Sementara metalik yang pernah ramai dipakai menjelang pergantian milenium, kini juga kembali dalam sentuhan yang berbeda. Siap bermain-main dengan gaya yang fresh?

Tabrak warna
Tahun ini, pakaian berwarna kelabu atau muram akan ditinggalkan. Sebaliknya, semakin cerah dan mencorong warnanya, semakin baik. Tetapi yang akan membuat warna-warni musim semi ini akan menonjol adalah permainan warnanya. Kombinasi pink, oranye, dan ungu; turquoise dan kuning; juga hijau jeruk nipis dan hijau jamrud, akan menciptakan warna kontras yang menarik.

Untuk melengkapi kombinasi warna kontras ini, pilih tas dan sepatu yang berwarna netral. Minimalkan tatanan rambut, dan pulas lipstik polos atau cerah.

Menswear
Gaya boyfriend jeans atau boyfriend blazer masih akan populer. Tak hanya dari potongannya, tetapi juga dari cara memakainya. Misalnya, kemeja putih dimasukkan ke dalam celana yang longgar. Asyiknya memadumadankan pakaian pria di sini adalah saat melonggarkan aturan gaya berbusana mereka. Yang ingin ditampilkan adalah kesan malas-malasan, bahkan lebih kumal lebih seksi.

Untuk itu, Anda tak perlu mengancingkan manset kemeja. Kemudian, hindari pemakaian belt yang terlalu rapi, atau celana pendek dengan warna cerah. Jika tak ingin mengenakan kemeja, Anda juga bisa memakai kamisol. Pilih sepatu model oxford, loafer, atau motorcycle boots. Aksesori lain tentunya jam tangan pria yang dipakai sebagai gelang.

Seventies
Gaya retro jarang sekali muncul begitu detail. Namun kali ini Anda akan mendapati atasan kerah halter, jas safari yang dikenakan dengan turban, jumpsuit, topi yang terkulai, bahan ikat dengan manik-manik, hingga sepatu platform. Untuk menerapkan gaya tujuhpuluhan ini, Anda disarankan untuk tidak tanggung-tanggung. Kenakan eyeliner tebal, rambut bergelombang besar, aksesori berukuran besar, dan motif disko. Untuk pemakaian sehari-hari, pilih sandal yang simpel, ikat pinggang tipis, dan gelang emas.

Serba putih
Putih melambangkan kesucian, dan rasa segar saat melihatnya. Dalam peragaan busananya, Dolce & Gabbana menggunakan item berwarna putih hampir secara eksklusif. Apapun yang Anda kenakan, blus panjang, blazer klasik, atau gaun minimalis, pilihlah yang berwarna putih. Namun, cari penampilan yang cocok untuk gaya hidup Anda. Anda bisa membuat variasi teksturnya, dengan mengombinasikan bahan sifon dengan poplin, atau melapisi katun dengan lace. Anda juga bisa mengenakan aksesori berwarna putih, tapi pilih yang licin atau berkilat. Sandal berwarna metalik akan terlihat chic.

Lace
Bahan lace kini tak cuma bisa dipakai untuk kebaya. Lace diaplikasikan pada vest, atau blus berlengan dan berkelepai, sehingga bahan yang memberi kesan girly ini menjadi lebih modern. Warna-warnanya berkisar antara hitam, putih, dan nude. Untuk penampilan sehari-hari, Anda bisa memadukannya dengan rok mini, kaus berdraperi, atau sepatu ballet model peep-toe.

Sporty
Bagaimana memilih gaya sporty, namun tidak terlihat seperti akan jogging? Pilih atasan bermotif stripe, warna-warna primer, dan bahan yang ringan. Yang diutamakan adalah tingkat kenyamanan melalui penampilan yang rileks. Kesan sporty juga akan tetap terlihat pada gaun yang menggunakan bahan yang mengikuti lekuk tubuh seperti satin atau kasmir. Gunakan warna putih sebagai dasarnya, dan hindari aksesori yang memberi kesan berat. Kacamata aviator atau jam tangan berwarna cerah sudah cukup. Satu lagi, tak perlu melengkapi penampilan Anda dengan sneakers.

Metalik
Warna-warna metalik yang biasanya identik dengan penampilan untuk dugem atau party, kini bisa diperlakukan seperti denim. Metalik direposisi dalam kesan yang ringan, tak berstruktur, dan bertumpuk. Pilih potongan yang longgar atau mudah dikenakan seperti sweater. Padukan dengan item lain yang kasual namun rapi, seperti halnya ketika Anda ingin tampil rapi dalam jeans. Jauhi warna-warna yang tajam; kecuali putih dan warna-warna netral. Untuk sepatu, kenakan juga yang berwarna silver. Hindari pemakaian aksesori berwarna emas.

Floral
Motif bunga tampaknya memang tak mengenal waktu. Bunga-bunga besar, kecil, bahkan dengan pohonnya sekaligus, tampak dalam koleksi busana Carolina Herrera, Oscar de la Renta, Louis Vuitton, dan Luisa Beccaria. Bahan yang digunakan antara lain crepe de chine (crepe dari China), satin sutera, dan gazar (bahan sutera atau wol yang lembut).

Entah warnanya pastel atau tajam, motif bunga tak membutuhkan banyak aksesori. Anda bisa mengenakan kardigan yang ringan atau atau sepatu open-toe, namun hindari perhiasan dari batu permata yang berwarna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com