Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Dexa Terima Sumsel Business Award

Kompas.com - 21/05/2011, 07:38 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Dexa Medica, Ir. Ferry Soetikno, MSc,MBA menerima Sumsel Business Award 2011 Kategori Pelaku Bisnis- Bidang Manufaktur yang diserahkan pada 20 Mei 2011, di Hotel Aryaduta, Palembang-Sumatera Selatan.

“Penghargaan ini perlu kita syukuri, sebab komitmen perusahaan farmasi nasional PT Dexa Medica yang didirikan di Palembang untuk menyediakan obat-obatan yang berkualitas mendapat apresiasi dari berbagai pihak,” jelas Ferry Soetikno usai menerima penghargaan SumSel Business Award 2011.

Penghargaan ini diberikan oleh harian Radar Palembang sebagai bentuk apresiasi yang tinggi kepada para pelaku Bisnis, Kepala Daerah Otonom yang mendorong pertumbuhan bisnis, dan kepada para tokoh Inspiratif. Ada tiga kategori penghargaan yaitu: Penghargaan untuk Pelaku Bisnis, Penghargaan untuk Supporting Business dan Penghargaan untuk Tokoh Inspiratif. Ini untuk kedua kalinya, Direktur Utama PT Dexa medica menerima SumSel Business Award, Bidang Manufaktur. Penghargaan serupa pernah diterima pada 27 April 2007.

Dexa Medica yang didirikan pada tahun 1969 di Palembang oleh Drs.Rudy Soetikno, Apt bersama sejumlah rekan, dari tahun ke tahun terus mengembangkan produk obat-obatan, tidak saja untuk memenuhi kebutuhan pasar obat dalam negeri, tetapi juga diekspor ke 15 negara di kawasan Asean dan Afrika. Ekspor perdana Dexa Medica dilakukan pada tahun 1993 ke pasar Myanmar.

Komitmen Dexa Medica untuk mengabdikan keahliannya di bidang kesehatan- tertuang dalam salah satu nilai dasar perusahaan yaitu Expertise for the Promotion of Health. Obat-obat yang banyak dibutuhkan masyarakat terus diproduksi dengan kualitas yang tinggi. Pada 28 Maret 2011, Dexa Medica menyelesaikan renovasi pabrik untuk memastikan, agar senantiasa compliance dengan persyaratan current Good Manufacturing Practices (GMP) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Dra.Kustantinah, Apt, M.App.Sc berkenan meresmikan fasilitas baru tersebut. Dexa Medica juga telah mendapat sertifikat ISO 9001:2000 dan ISO 14001:2004 dari SGS yang diserahkan pada 20 Agustus 2007.

Di bidang riset, Dexa Medica memiliki pusat riset yaitu Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS)-di mana periset putra-putri terbaik bangsa melakukan penelitian yang didukung dengan teknologi tinggi dan modern. Pada awal 2011, DLBS meluncurkan 3 produk unggulannya yaitu: DISOLF, INLACIN dan PHALECARPS. Pada Mei 2011 ini, kembali DLBS meluncurkan produk hasil risetnya yaitu Vitafem Free Me yang diindikasikan untuk Premenstrual Syndrome (PMS).

Dexa Medica juga mendukung program-program pemerintah, misalnya program pengadaan Obat Generik Berlogo (OGB). Sejak 1991, Dexa Medica memproduksi OGBdexa. Ini keputusan yang strategis untuk mendukung pengadaan OGB yang berkualitas dengan harga terjangkau. Range produk OGBdexa hampir menjangkau semua jenis terapi mulai dari antihipertensi, antikolesterol, anti-diabetes, antibiotik, antipiretik, antijamur, antivirus, antimual, dan lain-lain. OGBdexa tersedia dalam berbagai jenis sediaan, yaitu oral (tablet, kapsul, sirup), injeksi (ampul, vial, infus), maupun topikal (krim).

Dinamika kemajuan perusahaan, juga diikuti dengan kepedulian sosial. Sebagai bentuk deal with care, melalui wadah dharma dexa, beragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang peningkatan kesehatan dan pendidikan dilakukan tidak saja di Palembang, tetapi juga di berbagai wilayah di Indonesia. Belum lama ini, Dharma Dexa memberikan sumbangan pembangunan tiga halte bus Trans Musi yang berlokasi di jalan-jalan strategis di kota Palembang. Secara simbolis sumbangan tersebut diserahkan kepada Walikota Palembang-Sumatera Selatan, Eddy Santana Putra pada 28 Maret 2011.

Mengukir Beragam Prestasi Beragam penghargaan dan prestasi nasional dan internasional pernah diperoleh Dexa Medica antara laian: Penghargaan Manggala Karya Bakti Husada yang diserakan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Boediono, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta (3 Desember 2010). Anugerah Primaniyarta Award, Kategori Pembangun Merek Global dari Presiden Republik IIndonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (5 Oktober 2005). Produk Dexa Medica yang dipasarkan di Nigeria yaitu BOSKA meraih penghargaan The West African Branding Excellence Awards dari The Institute of Brand Management of Nigeria-IBMN ( 8 April 2009).

Pada tahun 2005, President Director Dexa Medica, Rudy Soetikno, memperoleh ISFI Award yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI. Pada tahun yang sama Managing Director Dexa Medica, Ir. Ferry Soetikno, MSc.,MBA terpilih sebagai The Best CEO 2005. Gubernur Sumatera Selatan memberikan Penghargaan kepada Dexa Medica atas kerja sama dan kepeduliannya bagi para siswa yang mengikuti pelatihan di BLKI Propinsi Sumatera Selatan (25 April 2008). Memperoleh Sumatera Selatan Business Award 2007. Dexa Medica terpilih sebagai Employer of Choice pada 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com