Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memberi Obat Sesuai Dosis untuk Balita

Kompas.com - 21/10/2011, 17:20 WIB

Kompas.com - Lebih dari 50 persen bayi dan balita yang diberi pengobatan untuk penyakitnya tidak menerima obat dalam dosis yang seharusnya. Padahal, supaya efektif obat harus diberikan sesuai dosis yang dibutuhkan.

Berikut cara mengeliminasi kesalahan tersebut.

- Lihat berat badan, bukan umur

Bayi dan balita di usia yang sama bisa sangat berbeda secara fisik. Jadi berat badan adalah panduan yang tepat untuk menentukan dosis obat. Cek bagian belakang label untuk melihat berat dan dosis. Untuk mengukur akurasi, pertama-tama timbang berat badan Anda, lalu gendong si kecil dan ukur lagi. Kurangi berat badan Anda untuk mendapatkan berat badan si kecil yang sebenarnya.

- Gunakan obat semprot

Banyak penelitian menemukan kesalahan dalam dosis lebih sering dijumpai bila orangtua menggunakan obat dalam sirop. Obat semprot lebih mudah dilihat dalam soal skala, sehingga mudah menentukan dosis yang akurat.

- Buat catatan

Setiap kali balita mendapatkan pengobatan anak, Anda sebagai orangtua sebaiknya mencatat kapan waktunya, apa obat yang diminum dan seberapa banyak dosisnya. Buku catatan menolong dalam mengingat dosis dan waktu pemberian obat, terutama bila balita Anda punya beberapa jenis alergi. (GHS/est)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com