Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biasakan Anak untuk Makan di Meja Makan

Kompas.com - 08/11/2011, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Meski disibukkan dengan segudang jadwal manggung dan syuting, namun Ariyo Wahab nampaknya tak pernah absen untuk memberi perhatian kepada ketiga putrinya. Kekompakan sebagai orangtua pun selalu dijunjung Ariyo dan sang istri, Milasari Wardhani. "Sebelum mendidik anak, sebagai orangtua kita harus kompak dan sepakat tentang cara mendidik anak," ungkap Ariyo Wahab, dalam acara Scott's Multivitamin "Incredible You" di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2011) lalu.

Namun, sebagai orangtua yang memiliki tiga putri kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, Ariyo dan Mila harus memberikan makanan yang bergizi untuk ketiga buah hatinya ini. "Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah anak-anak yang suka susah makan, maunya makanannya yang itu-itu saja," ungkap Mila.

Anak yang cenderung pilih-pilih makanan, atau biasa disebut picky eater, memang kerap terjadi pada masa pertumbuhan. Namun, untuk urusan ini Mila dan Ariyo memiliki cara sendiri untuk mengatasinya. "Biasanya, diakali dengan memberikan makanan yang beragam dan juga dikreasikan dengan berbagai bentuk yang lucu, serta diberi tambahan asupan vitamin," tambah Mila.

Selain sebagai syarat tumbuh kembang anak-anak, waktu makan juga digunakan oleh Ariyo dan keluarganya untuk mempererat hubungan keluarganya. Pasangan ini selalu membiasakan anak-anaknya untuk makan bersama di meja makan. "Saya tidak pernah membiasakan anak-anak untuk makan sambil berlari-larian, sampai harus dikejar-kejar di luar rumah," tambah vokalis kelompok The Dance Company ini.

Meskipun demikian Mila dan Ariyo tak membuat waktu makan ini menjadi momen yang menakutkan bagi anak-anaknya. Karena makan bersama menjadi waktu yang penting untuk mempererat hubungan keluarga, di meja makan semua orang bisa saling bercerita tentang pengalamannya. Makan juga bisa sebagai sarana belajar sambil bermain, misalnya untuk lebih mengenal tentang sayur-sayuran, hingga belajar tentang table manner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com