Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Indonesia Sukses Raih Pembeli di Singapura

Kompas.com - 24/03/2012, 15:38 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Berbagai produk Indonesia turut dipamerkan pada Halal Expo 2012 yang diselenggarakan di Hall 6 Singapore Expo, Singapura, 16-18 Maret 2012. Halal Expo 2012 yang mengangkat tema Makanan Halal, merupakan salah satu pameran potensial yang memasarkan produk-produk Indonesia ke Singapura.

Pameran tersebut membidik target pasar masyarakat muslim Singapura yang jumlahnya mencapai 508.000 jiwa atau 9,8 persen dari total penduduk Singapura yaitu 5,18 juta jiwa.

Kedekatan etnis dan budaya antara masyarakat melayu Singapura dengan Indonesia menjadi pintu gerbang yang cukup efektif bagi produk Indonesia untuk memasuki pasar Singapura.

Kekhasan produk-produk Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat melayu di Singapura. Adanya penerbangan langsung dari Singapura ke berbagai kota di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Manado, lebih memudahkan konsumen Singapura untuk mendapatkan produk-produk Indonesia, baik yang dipasarkan langsung ke Singapura maupun yang dibeli sendiri ketika berkunjung ke Indonesia.

Siaran pers Kementerian Perdagangan, Sabtu (24/3/2012), menjelaskan, harga murah tidak selalu menjadi jaminan daya saing, karena konsumen Singapura ternyata masih lebih cenderung memilih produk berdasarkan merek.

Kendala lain yang dihadapi adalah ukuran pakaian yang perlu disesuaikan dengan postur orang Singapura yang agak besar dibanding orang Indonesia.

Tingginya minat para pengusaha berskala UKM untuk mengikuti pameran di Singapura ditunjang dengan adanya penerban gan langsung ke berbagai kota di Indonesia dan alternatif penerbangan yang murah ke Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com