Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Menari Bersama Bayi

Kompas.com - 26/05/2012, 08:23 WIB

KOMPAS.com - Sejak lahir, secara fisik bayi membutuhkan "asupan" yang baik, mulai ASI eksklusif, popok yang bersih, kehangatan, mainan, dan sebagainya. Sedang secara psikologis, yang dibutuhkan bayi adalah attachment dengan orang-orang terdekatnya, utamanya orangtua.

Kedekatan yang terbentuk di awal kehidupan ini akan membantu bayi mengenal dunia serta menjadi fondasi dan contoh untuk membina hubungan-hubungan selanjutnya.

Bernadetta Anjani, MPsi, psikolog dari Personal Growth Jakarta mengatakan, salah satu bentuk attachment yang paling sering dianjurkan adalah pelukan. Saat memeluk, orangtua dan bayi merasakan sentuhan langsung. Bayi merasa aman dan nyaman saat dipeluk orangtua, sementara orangtua dapat menyalurkan kebutuhannya untuk melindungi anak.

Nah, orangtua bisa mendapati aktivitas memeluk dengan menari, karena saat inilah orangtua menggendong sambil memeluk bayi lalu bergerak mengikuti irama lagu. Berikut sejumlah manfaat menari bersama bayi, baik bagi orangtua dan utamanya bagi si bayi:

* Bagi bayi:
- Menumbuhkan attachment. Saat menari bersama bayi terjadi kontak skin to skin, sehingga muncul rasa aman dan nyaman pada diri bayi karena merasa terlindungi.
- Meredakan bawel. Coba deh ajak si kecil menari sambil bernyanyi saat dia sedang rewel, umumnya tidak lama kemudian si kecil akan tenang dan tertawa atau tertidur pulas.
- Meningkatkan aktivitas otak. Berdasarkan sebuah studi di Jepang, menari bersama bayi bisa meningkatkan aktivitas otak bayi, juga membantu bayi mengembangkan kekuatan otot, sehingga lebih cepat merangkak dan berjalan, selain juga bermanfaat menurunkan lemak pada bayi gemuk. Mungkin karena itulah studio tari di negeri Sakura banyak membuka kelas menari untuk ibu dan bayi.

* Bagi orangtua:
- Menumbuhkan mood positif. Memeluk bayi sambil menari dapat menyalurkan kebutuhan orangtua untuk melindungi anaknya. Hal ini akan menimbulkan perasaan bangga dan bahagia sehingga perasaan ini dapat menjalar ke hal-hal lain di luar aktivitas menari bersama bayi.
- Mengembalikan berat badan semula. Untuk ibu yang baru melahirkan, menari dengan bayi juga dapat mengembalikan berat badan ke berat semula sebelum hamil. Mengapa? Ternyata, menari selama 20 menit bisa membakar sampai 200 kalori. Jadi, dengan menari bersama bayi, selain bisa lebih banyak membakar kalori, juga bisa menguatkan ikatan cinta ibu dan bayi. Inilah yang harus ibu kejar.

(Tabloid Nakita/Gazali Solahuddin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com