Kompas.com - Diperbarui 02/09/2022, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Area vagina yang lembap akibat keringat atau menstruasi tentu membuat banyak wanita ingin membasuhnya hingga terasa bersih.

Vagina adalah saluran antara leher rahim dan alat kelamin perempuan, sekaligus liang sanggama pada perempuan.

Nah, kamu yang suka membasuh area intim tersebut dengan sabun mandi, ada baiknya mulai berhati-hati.

Baca juga: Menjaga Vagina agar Wangi Sepanjang Hari

Sebab, sejumlah peneliti mengungkapkan, menggunakan shower gel, sabun, ataupun pelumas di area intim akan membuat kamu malah berpotensi terkena infeksi menular seksual.

Para peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat menyampaikan, sabun dan pelumas tertentu dapat merusak jaringan sensitif di sekitar area intim perempuan.

Risiko infeksi pada vagina

Ilustrasi infeksi jamur pada vagina. Vagina gatal dan nyeri adalah salah satu gejala infeksi jamur pada vagina yang perlu diwaspadai. Penyebab infeksi jamur pada vagina biasanya karena pertumbuhan jamur candida berlebihan.  Shutterstock/Siriluk ok Ilustrasi infeksi jamur pada vagina. Vagina gatal dan nyeri adalah salah satu gejala infeksi jamur pada vagina yang perlu diwaspadai. Penyebab infeksi jamur pada vagina biasanya karena pertumbuhan jamur candida berlebihan.
Kondisi ini selanjutnya membuat area tersebut mudah terkena infeksi penyakit akibat virus herpes, bakteri chlamydia, dan bahkan HIV.

Menurut Ketua Penelitian, Joelle Brown, pemakaian produk-produk di atas dapat meningkatkan resiko terkena bacterial vaginosis.

Baca juga: Vagina Bau? Cermati Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ini adalah kondisi di mana keseimbanganbakteri di area intim terganggu sehingga berisiko terjadi infeksi.

Dalam penelitian ini, Brown melibatkan 141 perempuan di Los Angeles yang bersedia menjawab kuesioner dan menjalani tes lab vagina.

Hasilnya, peneliti menemukan, 66 persen perempuan kerap menggunakan pelumas saat berhubungan seks, dan pembersih sampai ke bagian dalam area intim.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.