Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2016, 17:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Pada bulan Ramadhan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Namun, untuk wanita yang haid, mereka tidak diperkenankan untuk berpuasa.

Ketika Anda sedang datang bulan yang menyebabkan Anda tidak bisa berpuasa, maka lebih baik Anda tetap melakukan doa pada setiap harinya. Tidak ada salahnya untuk memanjatkan doa ketika Anda sedang melakukan kegiatan lain.

Sebenarnya, doa ini pun dapat dilakukan kapan saja, tidak hanya pada bulan Ramadhan. Sebab, berdoa dan berpuasa ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi setiap individu.

“Banyak sekali jurnal yang menyatakan bahwa kondisi mental seseorang yang sering berdoa dan berpuasa jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tidak,” ujar Nana Gerhana, MPsi, psikolog, kepada Kompas.com melalui pesan singkatnya, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebab, saat berpuasa, Anda terdorong untuk selalu berpikir positif dan mendorong Anda untuk menjauhkan diri dari hal-hal negatif.

Untuk itu, beruntunglah Anda yang selalu berdoa dan menjalankan puasa, terutama pada bulan Ramadhan ini.

Sebab, Anda tidak hanya Anda akan mendapatkan pahala, tetapi dari sisi psikologis pun menunjukkan bahwa berpuasa dapat membuat mental menjadi lebih bahagia.

Oleh karena itu, walaupun Anda tidak bisa berpuasa selama sebulan penuh atau memang tidak berpuasa, tetap bawa pikiran Anda pada hal-hal positif dan selalu berdoa agar mental Anda pun tetap sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com