Kompas.com - 11/04/2017, 17:37 WIB

KOMPAS.com -- Merasa kurang semangat atau sedang depresi? Gwyneth Paltrow, seorang aktris dan pendiri Goop, memiliki usulan yang tidak lazim untuk menyembuhkannya.

Dilaporkan melalui situs Goop, Paltrow sering melakukan terapi grounding, nama keren dari cekeran atau berjalan-jalan tanpa alas sepatu.

Pada dasarnya, ide dari terapi ini adalah menghubungkan jiwa dan raga kita dengan energi planet bumi, yang tampaknya terhambat oleh keberadaan sepatu dan kaus kaki.

Jadi, melalui kaki yang telanjang, tubuh Anda dapat menyerap elektron bebas dari bumi dan menetralisir radikal bebas.

Clint Ober, pemimpin gerakan ini, menjelaskan bahwa untuk menikmati manfaat dari bumi ini, Anda hanya perlu menempatkan kaki yang telanjang di permukaan bumi setidaknya 30 menit dalam sehari.

Namun, bila Anda tidak tertarik untuk mengotori kaki, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan karpet grounding yang biasanya dijual dengan harga 100 poundsterling atau sekitar Rp 1,6 juta.

Tertarik untuk segera berlarian di jalan tanpa sepatu?

Tunggu dulu, Goop dengan jelas menuliskan bahwa rekomendasi ini tidak bisa dijadikan pengganti nasihat, diagnosa, dan perawatan medis. Namun, tidak ada salahnya untuk bertelanjang kaki dan menikmati tekstur alam di bawah kaki Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.