Kompas.com - 14/04/2017, 20:09 WIB
Acara peluncuran buku Anti panik Mempersiapkan Pernikahan oleh TigaGenerasi. Acara peluncuran buku Anti panik Mempersiapkan Pernikahan oleh TigaGenerasi.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Pada tahun 2015, masyarakat dikejutkan oleh hasil penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag).

Menurut data dari Puslitbang, angka perceraian di Indonesia selama tahun 2010-2014 naik 100.000 kasus dibandingkan lima tahun sebelumnya. Tren ini juga diprediksi akan terus meningkat.

Ui Birowo, Co-founder TigaGenerasi yang ditemui dalam peluncuran buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017), mengatakan, belakangan ini banyak pasangan yang bercerai.

"Ini disebabkan karena tidak ada komitmen saat pasangan merencanakan pernikahan," ujarnya.

Menurut dia, para pasangan ini biasanya memilih menikah karena faktor usia, terlalu lama berpacaran, atau terburu-buru ingin memiliki anak. Bahkan, tidak sedikit yang beralasan karena memiliki orangtua yang sudah berumur.

Padahal, pernikahan tidak hanya masalah teknis saja, tetapi masih banyak hal yang harus dipikirkan dalam mempersiapkan  diri sebagai fondasi rumah tangga yang harmonis.

Untuk itu, TigaGenerasi yang merupakan rumah konsultasi dan pusat informasi meluncurkan sebuah buku yang berjudul Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buku tersebut berisi informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan para calon pasangan suami istri yang tidak hanya dari sisi teknis saja, tetapi juga persiapan mental dan fisik yang perlu dilakukan sebelum membina rumah tangga.

Pembahasan dari buku ini pun memandang dari aspek psikologis, legalitas, ekonomi, kesehatan, dan acara pesta, mulai dari persiapan hinga usai acara berlangsung.

Sebab, untuk masuk ke jenjang pernikahan, para pasangan juga harus bisa meminimalkan masalah dan membuat persiapan yang matang, baik secara psikologis, mental, fisik, kualitas hubungan, kesehatan, hingga finansial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.