Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2017, 21:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kondom alias sarung untuk menutupi penis ternyata sudah dipakai sejak berabad silam. Menurut sejarah, kondom primitif yang terbuat dari kulit tipis usus binatang dipakai oleh orang-orang Roma dan Mesir agar terhindar dari penularan penyakit kelamin.

Gabriella Fallopia, dokter dari Italia yang hidup di abad ke-17 membuat sarung linen yang berukuran pas dan melindungi permukaan kulit penis. Tujuannya untuk mencegah kehamilan.

Sayangnya, kondom di era itu terbuat dari bahan yang tebal sehingga dianggap mengurangi kenikmatan bercinta. Kondom juga harus dipakai berulang kali sehingga rawan infeksi. Akibatnya kondom menjadi tidak populer.

Kondom memang terus mengalami evolusi bentuk dan penyesuaian agar tujuan utamanya mencegah kehamilan tak diinginkan dan penularan penyakit bisa tercapai. Selain itu, kondom kekinian juga dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengurangi kenikmatan bercinta, malah meningkatkan kepuasan.

Menurut Sutan Musa, Brand Manager Fiesta Condoms, saat ini kondom memiliki inovasi varian dan bentuk yang unik karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam hal bercinta.

"Kondom yang ada bisa menambah keseruan pengalaman bercinta bagi pasangan," kata Sutan.

Berikut adalah beberapa jenis bentuk kondom dan fungsinya.

- Ultra Thin: Kondom ultra tipis ini dapat meningkatkan sensitivitas bagi pemakainya. Kondom ini merupakan jawaban jika pemakaian kondom dianggap membatasi sensasi bercinta.

- Dotted: Kondom dengan fitur dotted atau bergerigi ini, dilengkapi dengan bintil-bintil yang terdapat di sekujur kondom, dirancang khusus untuk meningkatkan kesenangan dan sensasi yang maksimal untuk Anda dan pasangan. Menurut Sutan, kondom dotted menjadi salah satu favorit pilihan dari para wanita.

- Neon: Nyalakan sensasi bercinta di dalam gelap bagi Anda dan pasangan agar semakin seru dengan kondom Neon, kondom yang dapat menyala dalam gelap atau glow-in-the-dark. Kondom ini cocok bagi Anda dan pasangan yang senang bereksplorasi dan mencoba hal yang baru. Bayangkan serunya!

- Extreme: Ini merupakan kondom yang memiliki fitur terlengkap, berbentuk roket memberikan kenyamanan dan lebih pas saat digunakan, dilengkapi dengan fitur ribbed  (bergaris/berulir) dan  dotted (bergerigi) yang dapat memberikan stimulus maksimal saat berhubungan, serta lubrikasi yang dapat memperpanjang durasi bercinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com