Kompas.com - 29/04/2017, 14:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Banyak yang beranggapan bahwa yang namanya teknik pewarnaan batik ya itu-itu saja dan tidak akan berubah. Tidak sedikit pula pembatik negeri yang membatasi dirinya dari inovasi agar tidak menyalahi pakem-pakem yang ada.

Namun, Iwan Tirta Private Collection justru berpikir lain. Label busana kenamaan yang mengangkat batik ke mata dunia ini justru merasa bahwa inovasi baru dibutuhkan dalam batik untuk mengikuti perkembangan zaman.

Untuk membuktikannya, Era Soekamto selaku Creative Director Iwan Tirta Collection menggelar sebuah perhelatan busana yang bertemakan Condrosengkolo dengan menggunakan dua teknik pewarnaan batik baru.

“Teknik pewarnaan garaman dan ombre digunakan juga untuk menandai inovasi baru yang digunakan label ini dalam pewarnaan batik,” ujar Era dalam konferensi pers perhelatan busana Iwan Tirta Private Collection bertema Condrosengkolo di Fairmont Hotel Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Dia melanjutkan, untuk teknik ombre sendiri merupakan teknik gradasi dengan sebutan terang bulan. Teknik tersebut digunakan untuk mengisi kekosongan atau bledak yang ada dalam motif tanpa merubah pakem.

Sementara itu, teknik garaman merupakan pencampuran warna alami dengan kimia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan efek yang berbeda sehingga warna yang dihasilkan pula tidak terduga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.