Kompas.com - 15/06/2017, 18:24 WIB
Aspirin dan serangan jantung GarsyaAspirin dan serangan jantung
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Aspirin diyakini memiliki berbagai fungsi selain menghilangkan sakit kepala Anda. Pil ini dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan bisa membersihkan jerawat sekaligus.

Namun bagaimana dengan manfaat sebagai obat pelindung jantung seperti yang seringkali disampaikan? Ternyata fungsi aspirin untuk jantung masih di wilayah abu-abu alias belum dipastikan kebenarannya.

Dalam riset yang dipublikasikan di Clinical Cardiology, para peneliti melacak riwayat kesehatan 33.000 pasien yang menderita atherosclerosis, atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang memunculkan risiko serangan jantung dan stroke.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi aspirin dengan teratur memang lebih kecil kemungkinannya terkena serangan jantung atau stroke, namun hanya bila mereka sebelumnya pernah terkena serangan itu. Pada kelompok ini aspirin memotong risiko serangan jantung dan stroke hingga 19 persen.

Akan tetapi, menurut riset yang dipimpin Anthony Bavry, M.D itu, tidak ada pengurangan risiko serangan jantung atau stroke di antara mereka yang sebelumnya belum pernah mengalaminya.

Aspirin meningkatkan keselamatan mereka yang pernah terkena serangan jantung atau stroke dengan memperkecil kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Meski demikian, karena ini adalah riset pengamatan, hasilnya belum bisa disebut sebagai sebab dan akibat. Percobaan klinis lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kaitan aspirin dengan risiko-risiko di atas dan apakah ia bisa mencegahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu perlu diketahui, seperti halnya obat-obatan lain, aspirin juga memiliki efek samping, seperti masalah pencernaan. Maka bila dokter Anda menyarankan mengkonsumsi aspirin, bicarakanlah hal ini pada mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.