10 Tips Gaya Hidup bagi Kesehatan Jantung

Kompas.com - 04/07/2017, 06:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

Apa yang kita putuskan setiap hari, entah itu soal apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan, memiliki dampak penting untuk kesehatan jantung.

Karena semua keputusan itu ada di tangan kita, maka berilah hadiah untuk diri Anda sendiri berupa perubahan gaya hidup yang memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama jantung.

Apa yang bisa kita lakukan? Berikut beberapa tips gaya hidup yang bisa diterapkan untuk kesehatan jantung Anda.

1. Tetap aktif

Kunci jantung sehat adalah dengan tetap bergerak dan menghindari berdiam diri seperti duduk terus menerus. Idealnya, untuk mendapatkan detak jantung yang sehat kita bisa  latihan aerobik 30 menit selama lima hari dalam satu pekan. Kendati demikian, setiap gerakan akan bagus untuk jantung Anda, jadi tetaplah bergerak.

Baca: Ini Rahasia Hidup Bebas Penyakit Jantung

2. Batasi konsumsi daging merah, gula dan lemak tak sehat

Banyak makanan yang bisa Anda makan sebagai ganti makanan yang menyebabkan obesitas, naiknya tekanan darah, atau meningkatnya risiko penyumbatan pembuluh karena kolesterol. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu untuk menaikkan konsumsi serat.

Baca: Agar Sehat, Jangan Lupa Konsumsi Serat

3. Kurangi asupan garam

Halaman:


Sumber Knowridge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X