Kompas.com - 11/07/2017, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Traveling selama dua minggu sudah pasti hari-harinya dua kali lebih panjang dibanding hanya berlibur seminggu. Tapi, jangan harap Anda akan memiliki memori dua kali lebih banyak setelah kembali.

Menurut psikolog Daniel Kahneman, dalam hal memori, liburan singkat sama efektifnya dengan liburan yang lebih panjang.

Beberapa penelitian seputar perilaku menyebutkan, agar manfaat liburan bisa tercapai bisa diusahakan dengan langkah sederhana seperti melakukan perencanaan yang baik dan membicarakannya setelah pulang dari berlibur.

Dalam studi yang dilakukan Kahneman, sisi psikologi setelah pulang liburan bisa dibagi menjadi "mengalami diri" dan "mengingat diri". Pengalaman tetap tinggal pada momen liburan. Sementara mengingat berarti mereka ulang hal-hal yang telah lewat.

Kebahagiaan yang ingin diraih dari liburan sangat tergantung pada mana yang ingin kita kejar. Jika kita ingin memaksimalkan kebahagiaan dengan "mengalami diri" maka rencanakan liburan yang panjang.

Tambahan satu minggu untuk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati angin laut bisa membuat stres berkurang.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan kebahagiaan dari mengingat diri, maka liburan yang panjang kurang bermanfaat.

"Otak manusia cenderung mengingat sesuatu yang baru, belum pernah dialami sebelumnya. Jika cerita hidup Anda tidak berubah dari waktu ke waktu, kita cenderung melupakan beberapa detil. Inilah mengapa waktu seolah cepat berlalu meski hari terasa panjang," katanya.

Bila kita berlibur selama dua minggu, kemungkinan kita tidak cukup "mengubah cerita" untuk menciptakan kenangan baru. Semua masa liburan itu akan bercampur menjadi satu dengan hanya satu atau dua momen menonjol saja yang kita ingat.

Jika Anda ingin memaksimalkan masa liburan dua minggu, ubahlah liburan Anda secara dramatis setelah seminggu sehingga kita bisa menciptakan memori baru. Alternatif lain, lalukan sesuatu yang tidak butuh biaya banyak, seperti tinggal di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.