Kompas.com - 20/07/2017, 17:36 WIB
Ilustrasi anak-anak dari berbagai etnis RawpixelIlustrasi anak-anak dari berbagai etnis
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kitu adalah seekor kucing kecil yang baru pindah rumah. Di lingkungan barunya, ia menyadari bahwa dirinya tidak sama dengan kucing-kucing tetangga. Kitu yang semula percaya diri mulai berusaha meniru penampilan kucing-kucing lain, sebelum akhirnya sadar bahwa setiap kucing memang terlahir berbeda.

Cerita tentang Kitu adalah sepenggal kisah dari buku “Kitu, Kucing Kecil Bersuara Ganjil” yang digagas untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini pada anak-anak.

Tema toleransi untuk kalangan anak-anak memang boleh dibilang masih langka di jagat literasi Indonesia. Padahal, semangat dan perilaku toleran tidak saja penting disuarakan untuk orang dewasa dan remaja, dan pengenalan sikap toleransi justru harus dimulai sejak masih kecil.

Karena itulah Sekar Sosronegoro, penulis buku Kitu, tergerak untuk menggagas seni buku toleransi yang bisa dengan mudah diterima anak.

"Perilaku intoleran yang mungkin dilihat atau didengar oleh anak dari hari ke hari membuat toleransi menjadi hal krusial yang perlu diajarkan kepada mereka," kata Sekar di @Amerika Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Peluncuran buku toleransi KituKOMPAS.com/Iwan Supriatna Peluncuran buku toleransi Kitu
Mengenai perannya dalam seri buku ini, Sekar bukan saja penggagas, namun juga bertindak sebagai penulis. Dalam prosesnya, ia mengajak Mira Tulaar sebagal ilustrator dan Siti Nur Andini selaku editor.

Menariknya, buku ini dikerjakan secara berjauhan, Sekar di Los Angeles, Mira di Bali dan Andini di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Menumbuhkan Sikap Toleransi Sejak Dini

Lewat buku pertamanya, Sekar ingin membantu mengenalkan konsep perbedaan dan keragaman pada anak-anak sejak usia muda karena anak yang terbuka terhadap perbedaan lebih memiliki kompetensi sosial dalam masyarakat yang beragam.

Meski toleransi harus diajarkan di setiap kesempatan dalam kehidupan sehari-hari, buku Kitu dibuat untuk menjadi conversation starter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.