Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Dara Ini Sukses Berteman, Berbisnis dan Menghasilkan

Kompas.com - 14/08/2017, 17:56 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari pertemanan semasa kuliah di Singapura, Vonita Rizani dan Ryka Amalia memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Dua dara jelita yang sama-sama mengambil jurusan marketing ini mencoba menjual sandal wanita yang diberi nama Esmee dengan modal patungannya.

Sebelum menciptakan produknya, mereka terlebih dahulu merancang model-model sandal yang menurut mereka akan digemari para kaum hawa. Setelah desain tercipta, mereka lantas menghubungi vendor yang mereka percaya mampu menciptakan sandal seperti yang mereka inginkan.

Saat pertama kali memperkenalkan produknya pada Mei 2017 melalui akun instagram, teman dekat dan beberapa kerabat rupanya tertarik dengan sandal yang mereka desain itu.

"Esmee pertama kali dikeluarin di instagram Mei 2017 dengan klasik style dan up to date model. Selalu lihat yang lagi up to date dan in, supaya orang bisa lirik brand kita. Kualitasnya hand craft semua, semua full dijahit," kata keduanya saat ditemui Kompas Lifestyle di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Bahan sandal yang mereka gunakan adalah kulit asli, dan warna yang mereka pilih yakni warna-warna netral seperti grey, hitam, biru, merah, pink, cream dan pastel, sehingga cocok dikenakan oleh orang dengan berbagai macam warna kulit.

Untuk hiasannya, mereka menjahit batu-batuan yang bisa memantulkan cahaya bila terkena sinar matahari atau cahaya lampu. Menurut mereka, sandal ini bisa digunakan untuk acara santai maupun resmi.

"Desain dibuat nyaman untuk sehari-hari, jalan-jalan, pokoknya semua kegiatan. Ini juga dipakai jalan lama enggak lecet, kita pernah coba pakai jalan terus basah-basahan lama tidak cepat rusak," terang mereka.

Berbicara financial dan hubungan pertemanan, mereka memiliki strategi sendiri. Mereka sadar bahwa persaudaraan dan pertemanan bisa hancur bila sudah berurusan dengan uang jika tidak disikapi dengan bijak.

Mereka lebih memilih menurunkan ego masing-masing saat menjalankan bisnisnya. Keduanya juga mengaku memiliki keahlian masing-masing dalam mengembangkan bisnisnya. Seperti pemilihan warna misalnya lebih dipercayakan pada Ryka dan untuk model sendal lebih dipercayakan pada Vonita.

"Terkait finansial, kita untung dibagi dua, modal juga berdua. Yang sering berantem itu justru bukan financial tapi soal model," tutur mereka sambil tertawa.

Dengan minat pasar yang menurut mereka cukup tinggi, tak sedikit investor atau pemodal menawari mereka untuk bekerja sama. Namun, mereka lebih memilih untuk menjalankan usahanya berdua saja.

"Bisnis bukan soal uang saja, tapi bagaimana kita menjalin pertemanan dengan baik dan tentunya menghasilkan," ujar mereka.

Setiap produk Esmee dijual di kisaran harga Rp 300.000 sampai Rp 400.000-an. Saat ini sandal itu hanya dijual secara online melalui instagram di esmee.official.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com