Kompas.com - 30/08/2017, 05:40 WIB
Ilustrasi pria bahagia JupiterimagesIlustrasi pria bahagia
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Menjadi tua adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup. Namun bagaimana Anda menua bergantung pada banyak hal, mulai dari riwayat kesehatan dan gaya hidup Anda.

Jika Anda merawat tubuh Anda dengan baik dan belajar mengelola stres, Anda bisa saja memperlambat proses penuaan fisik, bahkan mencegah berbagai masalah yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Jadi, seperti apa cara awet muda yang sederhana tapi bermanfaat bagi kesehatan?

Saat ini memang sudah banyak beragam perawatan kecantikan yang menawarkan cara instan untuk menghambat proses penuaan. Namun ingat, cara ini bisa biasanya tidak bertahan lama. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif  dalam jangka panjang, cara yang paling aman dan tepat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sebenarnya tidak pernah ada kata terlalu dini atau terlambat untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik. Tidak masalah kapan Anda memulainya, gaya hidup sehat pasti akan memberikan perubahan atas apa yang Anda rasakan.

Baca: Mulai Ciptakan Masa Tua Berkualitas Sekarang Juga

Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih sehat dan awet muda.

1. Aktif bergerak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu cara terpenting sebagai kunci sukses awet muda adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Bergerak secara aktif melalui kebiasaan olahraga membuat Anda bisa memperlambat proses  penuaan alami sekaligus menjadi lebih sehat di usia senja.

Ilustrasi SHUTTERSTOCK Ilustrasi
Tidak hanya itu, olahraga pun bisa jadi kunci sukses menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena olahraga menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuha agar tetap teratur sehingga jantung, otot, tulang, serta organ-organ tubuh lainnya tetap sehat.

Olahraga juga terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan tidur, depresi, meningkatkan daya ingat dan kekuatan tulang yang lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan Anda untuk mati muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.