Cara Sederhana Agar Selalu Sehat dan Awet Muda

Kompas.com - 30/08/2017, 05:40 WIB
Ilustrasi pria bahagiaJupiterimages Ilustrasi pria bahagia

KOMPAS.com - Menjadi tua adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup. Namun bagaimana Anda menua bergantung pada banyak hal, mulai dari riwayat kesehatan dan gaya hidup Anda.

Jika Anda merawat tubuh Anda dengan baik dan belajar mengelola stres, Anda bisa saja memperlambat proses penuaan fisik, bahkan mencegah berbagai masalah yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Jadi, seperti apa cara awet muda yang sederhana tapi bermanfaat bagi kesehatan?

Saat ini memang sudah banyak beragam perawatan kecantikan yang menawarkan cara instan untuk menghambat proses penuaan. Namun ingat, cara ini bisa biasanya tidak bertahan lama. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif  dalam jangka panjang, cara yang paling aman dan tepat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sebenarnya tidak pernah ada kata terlalu dini atau terlambat untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik. Tidak masalah kapan Anda memulainya, gaya hidup sehat pasti akan memberikan perubahan atas apa yang Anda rasakan.

Baca: Mulai Ciptakan Masa Tua Berkualitas Sekarang Juga

Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih sehat dan awet muda.

1. Aktif bergerak

Salah satu cara terpenting sebagai kunci sukses awet muda adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Bergerak secara aktif melalui kebiasaan olahraga membuat Anda bisa memperlambat proses  penuaan alami sekaligus menjadi lebih sehat di usia senja.

Ilustrasi SHUTTERSTOCK Ilustrasi
Tidak hanya itu, olahraga pun bisa jadi kunci sukses menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena olahraga menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuha agar tetap teratur sehingga jantung, otot, tulang, serta organ-organ tubuh lainnya tetap sehat.

Olahraga juga terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan tidur, depresi, meningkatkan daya ingat dan kekuatan tulang yang lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan Anda untuk mati muda.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Lakukanlah olahraga yang Anda sukai. Jalan santai, bersepeda, aerobik, atau yoga merupakan beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan.

Baca: 7 Tanda Anda Tidak Bugar

2. Mengonsumsi makanan sehat

Cara lain untuk menjaga tubuh dan penampilan tetap muda adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Anda tidak perlu menerapkan diet rumit atau yang semacamnya. Cukup dengan  menambahkan jumlah buah dan sayuran ke dalam menu harian Anda. Kedua jenis makanan ini tidak mengandung kolesterol dan memiliki kalori yang rendah.

Halaman Berikutnya
Makanan Sehat…
Halaman:


PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Sumber

Close Ads X