Ini Penyebab Wajah Pria Lebih Gampang Berjerawat

Kompas.com - 05/09/2017, 14:22 WIB
Ilustrasi pria berjerawat Antonio_DiazIlustrasi pria berjerawat
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki wajah yang bersih dan terawat adalah idaman setiap orang, termasuk pria. Wajah bersih artinya, bebas dari jerawat dan hal-hal lain yang mengganggu penampilan.

Namun, sebagai pria, Anda pasti pernah merasakan timbulnya jerawat di wajah dalam waktu cepat. Lantas, apakah yang sebenarnya menyebabkan kondisi tersebut?

Dr Srie Prihanti Gondokaryono, SpKK, PhD mengatakan ada alasan tertentu di balik jerawat yang sering muncul di wajah pria. Salah satu penyebab jerawat adalah minyak di wajah. Adapun pria cenderung memproduksi minyak berlebih.

"Pada pria produksi minyak berlebih karena kelenjar minyak dirangsang pengeluarannya oleh hormon seks androgen di mana pada pria itu produksinya lebih banyak dibanding wanita," kata Srie dalam peluncuran sabun muka cair dari Nivea Men di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Baca juga: Benarkah Pasta Gigi Bisa Atasi Jerawat?

Selain itu, minyak berlebih bisa menyebabkan sumbatan di pori-pori yang akhirnya menimbulkan jerawat. Sumbatan itu juga bisa dikarenakan kotoran dan debu.

"Nah kalau muka kita berminyak, sel kulit mati akan nempel, padahal harusnya dia lepas. Lama kelamaan bisa ada sumbatan di pori-pori," kata dokter dari Erha Klinik Pondok Indah ini.

Srie melanjutkan wajah berminyak juga bisa mengakibatkan jerawat bila ada kuman berlebih. Karena kuman ini maka akan muncul peradangan pada kulit. "Muncullah jerawat dari komedo sampai peradangan besar," kata Srie.

Oleh karenanya salah satu cara menghindari jerawat adalah dengan rajin membersihkan muka.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X