Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Kompas.com - 14/09/2017, 15:06 WIB
llustrasi tidur dengan rambut basah SerrNovikllustrasi tidur dengan rambut basah
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Karena padatnya aktivitas, terkadang banyak orang tidak punya cukup waktu untuk keramas pada pagi hari. Sebagai gantinya, mereka memilih untuk mandi malam-malam setelah pulang kerja atau selesai berolahraga. Nah karena keburu kecapekan, tak jarang banyak orang yang memilih langsung tidur dengan rambut basah setelah keramas tadi.

Tapi, tahukah Anda jika tidur dengan rambut masih dalam keadaan basah merupakan kebiasaan yang buruk? Meski banyak orang menganggap kebiasaan ini tidak berbahaya, nyatanya tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan jika Anda terbiasa tidur dengan rambut basah setelah mandi:

1. Sakit kepala

Pernah bangun tidur dengan keadaan sakit kepala atau merasa kepala berat? Jika malamnya Anda tidur dengan rambut basah, ini bisa jadi salah satu efek sampingnya.

Tidur dengan rambut basah dapat mengakibatkan sakit kepala karena suhu kepala Anda yang dingin tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh Anda, yang masih hangat setelah beraktivitas seharian.

Terlebih jika Anda tidur dalam keadaan rambut terbungkus handuk. Hal tersebut membuat kelembaban di kepala bertahan lebih lama. Ini bisa mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan saat ketegangan meningkat, akan menyebabkan rasa sakit kepala sehingga mengganggu tidur Anda.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Sebaiknya Keramas?

2. Rambut rusak

Tidur dengan kondisi rambut yang basah akan membuat pori-pori kulit kepala dan helai rambut melemah karena rambut lembab semalaman. Akibatnya, ini akan membuat rambut jadi rentan rontok dan rusak.

Baca: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X