Kompas.com - 16/10/2017, 15:18 WIB
Ilustrasi berenang moodboardIlustrasi berenang
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang takut berenang karena berenang disebut bisa menyebabkan gemuk. Mungkin orang-orang itu juga melihat bahwa banyak orang tak kunjung langsing walau rajin berenang. Tapi benarkah berenang menyebabkan gemuk?

Tentu pendapat itu keliru. Berenang justru bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Saat berenang, tubuh membakar kalori cukup banyak. Berenang selama 60 menit dapat membakar sekitar 500 kalori, bahkan bisa mencapai sekitar 700 kalori.

Semakin berat tubuh Anda, semakin banyak kalori yang dibakar saat berenang. Banyaknya kalori yang dibakar juga ditentukan oleh gaya berenang. Gaya kupu-kupu bisa Anda pakai jika ingin membakar kalori secara maksimal. Dalam 10 menit, berenang gaya kupu-kupu bisa membakar kalori hingga 150 kalori pada orang dewasa dengan berat 72,5 kg.

Selain gaya kupu-kupu, gaya bebas juga bisa membakar kalori cukup banyak. Setelah itu, gaya dada dan gaya punggung, yang pembakaran kalorinya setara dengan jalan cepat atau jogging.

Baca juga: Gaya Renang Apa yang Paling Bakar Kalori?

Jika ingin berat badan cepat turun, sebaiknya berenang setidaknya 30 menit per hari. Hal ini karena pada menit-menit awal berenang, tubuh akan membakar karbohidrat terlebih dulu dan setelah itu baru membakar lemak.

Pembakaran lemak biasanya terjadi setelah sekitar 20 menit berenang. Sebaiknya mulailah berenang dengan durasi 10 menit terlebih dahulu, jika Anda baru mulai berenang, dan kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap.

Ilustrasi berenang gaya kupu-kupuPablo_K Ilustrasi berenang gaya kupu-kupu
Menurut American Heart Association, berenang selama 30-60 menit dalam 4-6 hari seminggu dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi risiko stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

Bagaimana berenang bisa membakar banyak kalori?

Berenang efektif menurunkan berat badan karena semua otot digerakkan, termasuk otot di tubuh bagian bawah, tubuh bagian atas, otot inti, dan otot punggung. Selain itu, berenang juga membuat organ jantung dan paru bekerja lebih berat untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan tubuh.

Berenang juga membuat otot lebih kuat dan meningkatkan massa otot. Hal ini kemudian dapat membuat tingkat metabolisme meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak.

Baca juga: Atasi Rasa Sedih Karena Patah Hati dengan Berenang

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X