Kompas.com - 23/10/2017, 19:02 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan kerap menandai suatu momen penting dalam hidup kita. Bukan perihal harga, namun kisah dibalik jam tangan tersebut menjadi hal yang lebih berharga dari jam tangan itu sendiri.

Editor fashion buku 'A Man & His Watch', Mat Hraneck meneliti hubungan antara kolektor jam tangan-dari rapper ternama Nas hingga penyanyi sekelas Elvis Presley-dengan koleksinya.

Penelitian tersebut mengungkap hubungan antara kisah saat tokoh-tokoh dunia pertama kali memiliki jam dan hubungan emosional mereka terhadap jam tersebut. 

"Jam tangan kerap menandai momen penting dalam hidup, seperti kelahiran anak dan pekerjaan baru," ucap Mat Hraneck. Inilah lima kisah dari pria-pria terkenal dengan jam tangan yang berharga dalam hidupnya:

1. John F.Kennedy dan Omega Custom Inauguration

John F. Kennedy + a custom inauguration Omegaomega John F. Kennedy + a custom inauguration Omega
Mantan Presiden AS yang sering dibicarakan antara lain adalah John F. Kennedy. Rekan dan pendukungnya, Grant Stockdale, pada tahun 1960 memberi usul agar calon presiden JFK mengenakan jam Omega, setahun sebelum senator dari Massachusetts ini memasuki Gedung Putih sebagai presiden.

Jam tersebut dipakai Kennedy saat ia mengambil sumpah jabatan dan Kennedy sangat menyayangi jam tersebut selama masa hidupnya. Sebagai tanda terimakasih, Kennedy juga menghadiahi jam yang sama untuk Grant Stockdale, serta jabatan duta besar untuk Irlandia.

2Steve McQueen dan TAG Heuer Monaco

Steve McQueen + TAG Heuer MonacoTAG Steve McQueen + TAG Heuer Monaco
Tag Heuer memang identik dengan balapan motor. Jam tangan Heuer seri Gold bahkan telah lama menjadi hadiah bagi pebalap Ferrari yang juara, dan perusahaan tersebut juga membuat jam tangan khusus untuk ikon Formula satu Ayrton Senna, dan didesain sendiri olehnya.

Namun, jam yang mengokohkan merek ini dalam budaya pop adalah seri Monaco yang dipopulerkan oleh Steve McQueen saat berperan sebagai pembalap mobil handal dalam film 'Le Mans' tahun 1971.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.