Kompas.com - 02/11/2017, 17:22 WIB
Lipstik warna gelap akan membuat wajah terlihat lebih dramatis. ShutterstockLipstik warna gelap akan membuat wajah terlihat lebih dramatis.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi banyak wanita, mengunjungi toko kosmetik besar adalah "taman bermain". Selain bisa melihat koleksi warna terbaru, kita juga bisa mencoba berbagai produk untuk melihat apakah cocok dengan tone kulit.

Walau demikian, kesenangan mencoba-coba sampel produk itu sebenarnya berbahaya. Karena sudah dipakai oleh banyak orang, bukan tidak mungkin akan terjadi penularan kuman dan virus.

Seorang wanita dari California, Jezebel diberitakan menuntut jaringan toko kosmetik Sephora karena ia mengalami alergi akibat terpapar herpes setelah mencoba sampel lipstik di toko itu.

Menurut ahli dermatologi Dr.Janellen Smith, penularan herpes dari sampel kosmetik mungkin saja terjadi.

"Secara teknis, jika seseorang yang sedang flu mencoba sebuah lipstik lalu ada orang lain yang sesudahnya memakai lipstik yang sama, walau kecil kemungkinannya ia akan terpapar virus yang sama," kata Smith seperti dikutip dari Huffington Post.

Mengenai virus Herpes, menurut dia ada dua jenis virus herpes simpex, yaitu HSV1 dan HSV2. HSV1 adalah jenis yang paling sering ditemukan pada rongga mulut. Namun, seperti virus lain, HSV1 juga tidak bisa bertahan lama di luar tubuh.

"Kebanyakan orang, hampir 90 persen, sudah pernah terpapar virus HSV1. Jadi, karena sudah pernah terpapar virus maka tidak mungkin tertular lagi. Kebanyakan orang yang sudah terpapar juga tidak bergejala," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang yang belum pernah terpapar HSV1 mungkin saja akan tertular. Tetapi, durasi waktu penularannya sangat pendek. Ini karena biasanya virusnya sudah mati. Selain itu, untuk bisa terjadi infeksi biasanya ada bagian kulit yang terluka sehingga virus bisa masuk peredaran darah.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.