5 Tanda Utama Tubuh Kekurangan Sinar Matahari

Kompas.com - 14/11/2017, 13:53 WIB
Ilustrasi sinar matahari beerphotographerIlustrasi sinar matahari
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Kebanyakan orang memilih menghindari sengatan matahari karena takut kulitnya hitam, gosong, atau terkena kanker kulit. Padahal, tubuh tetap perlu bermandikan sinar matahari barang 5-15 menit saja setiap hari.

Vitamin D dari sinar matahari membantu menguatkan tulang serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular dan nyeri sendi (arthritis).

Tubuh kita akan otomatis memproduksi vitamin D ketika kulit terpapar sinar matahari langsung. Itu sebabnya, jika kekurangan sinar matahari, berarti kita rentan kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Nah, jika Anda jarang terkena paparan sinar matahari langsung dan lebih banyak bekerja di dalam ruangan, Anda harus waspada gejala kekurangan sinar matahari yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Vitamin yang Dibutuhkan agar Mr. P Bekerja Optimal

Berikut ini beberapa tanda-tanda tubuh Anda kurang sinar matahari yang harus diwaspadai.

Gampang sakit

Sumber vitamin D yang berasal dari matahari akan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga Anda bisa melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Bahkan beberapa penelitian besar telah menunjukkan hubungan yang kuat antara kekurangan asupan vitamin D dengan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Ilustrasi berjemur matahariIngram Publishing Ilustrasi berjemur matahari
Itu sebabnya, seseorang yang kekurangan sinar matahari umumnya memiliki sistem imun yang lemah dan cenderung lebih gampang sakit.

Baca juga : Mengapa Kita Mudah Sakit Saat Bepergian?

Sering merasa kelelahan

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, kekurangan sinar matahari juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Sayangnya, banyak orang sering mengabaikan tanda yang satu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X