Kompas.com - 06/10/2017, 15:12 WIB
Ilustrasi berenang Jacob Ammentorp LundIlustrasi berenang
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga terbukti bisa membantu Anda lebih berenergi, tampil awet muda, dan membantu memperbaiki kesehatan mental, tak peduli berapapun usia Anda. Namun seringkali, olahraga dengan intensitas tinggi, berakhir dengan otot-otot yang nyeri.

Agar nyeri otot tak berlangsung lama, terlebih menimbulkan cedera yang justru menghambat aktivitas, Anda bisa melakukan 6 langkah pemulihan ini.

Manfaatkan foam roller

Foam roller atau roller busa adalah salah satu peralatan olahraga dengan bentuk seperti tabung yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kondisi otot pasca olahraga berat. Anda bisa memutar roller pada bagian tubuh yang dikehendaki dan sensasinya seperti pijat mini mandiri yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah latihan.

Pete McCall, MS, CSCS, pelatih pribadi bersertifikat ACE mengatakan, “Sangat dianjurkan untuk menggunakan roller sehari setelah rutinitas fisik yang berat. Foam roller membantu memecah jaringan dan memperbaiki sirkulasi, sehingga proses pemulihan menjadi lebih efektif.”

Menikmati sauna

Bila Anda menghabiskan olahraga berat di gym yang menyediakan ruang sauna, menghabiskan waktu bersauna setidaknya 20 menit adalah satu cara untuk mengobati diri Anda setelah latihan berat. Atau Anda bisa pergi ke fasilitas sauna sehari setelah latihan berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi saunand3000 Ilustrasi sauna
Tidak hanya membantu otot untuk rileks, panas yang dipancarkan dari sauna efektif membantu mengurangi rasa sakit dan bahkan telah terbukti dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh.

Baca juga: Begini Cara Sauna Membersihkan Kulit

Konsumsi banyak protein

Efektivitas rutinitas olahraga cukup bergantung dari apa yang Anda makan sebelumnya, selama, dan setelah berolahraga. Menurut pakar gizi olahraga Christine Rosenbloom, PhD, RD, makanan pasca latihan yang berat harus mencakup protein tanpa lemak, misalnya telur rebus, susu coklat, tuna, keju string, yogurt Yunani, yang akan membantu otot dalam pemulihan dan proses pertumbuhan sel.

Baca juga: Mengurangi Karbohidrat Atau Menambah Protein, Mana yang Lebih Baik?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber MSN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.