5 Pola Makan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 21/11/2017, 22:05 WIB
Ilustrasi tidur nyenyak BavorndejIlustrasi tidur nyenyak
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur berpengaruh terhadap kualitas tidur di malam hari. Itu sebabnya, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat agar bisa tidur nyenyak setiap malam. Simak tipsnya dalam artikel ini.

1. Hindari kopi, soda, dan minuman berenergi

Efek kafein pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada tingkat sensitivitas seseorang terhadap kafein. Meski begitu, secara umum kafein adalah hal paling utama yang harus dihindari jika ingin tidur nyenyak. Pasalnya, kefein merupakan stimulan yang bisa membuat Anda terus terjaga.

Ilustrasi minum kopiflil Ilustrasi minum kopi
Kafein bisa ditemukan secara alami pada kopi, teh, dan cokelat. Minuman soda dan berenergi juga sering kali mengandung kafein.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tidur nyenyak setiap malam, hindari mengonsumsi segala jenis kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Namun, apabila Anda tergoda untuk menyeduh secangkir kopi di sore hari, cari cara lain untuk mengatasi rasa kantuk tersebut seperti jalan-jalan, melakukan peregangan, atau minum segelas air putih dingin.

Baca juga : Jangan Minum Kopi setelah Jam 5 Sore

2. Batasi alkohol

Meski sedikit alkohol bisa membuat tubuh merasa rileks dan mengantuk, terlalu banyak mengonsumsi minuman ini justru bukan ide baik untuk bisa cepat tidur. Pasalnya, proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan cepat ketika kita meminum alkohol. Akibatnya, proses tidur jadi terganggu karena akan terbangun tiap beberapa saat.

Minuman beralkoholGeorgeRudy Minuman beralkohol
Tidak hanya itu, alkohol juga dapat menyebabkan kita mendengkur parah saat tertidur yang tentu saja bisa mengganggu kualitas tidur.

Baca juga : 7 Mitos Tentang Minuman Beralkohol

3. Konsumsi camilan malam tinggi karbohidrat kompleks

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para periset menemukan bahwa mengonsumsi makan malam kaya karbohidrat kompleks akan membuat seseorang tertidur lebih cepat. Pasalnya, makanan tinggi karbohidrat kompleks bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang membuat lebih rileks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X