Kompas.com - 04/12/2017, 07:00 WIB
Justin Bieber dan Selena Gomez Justin Bieber dan Selena Gomez
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda mungkin kenal dengan seseorang yang sering "putus-nyambung" dengan mantannya. Walau Anda gemas melihatnya, tetapi fakta menunjukkan bahwa fenomena "putus-nyambung" adalah hal yang biasa.

Pasangan fenomenal Justin Bieber dan Selena Gomez baru-baru ini membuktikannya. Setelah mengalami drama percintaan yang tragis, akhirnya pasangan ini kembali memutuskan untuk kembali bersama.

Sekitar 50 persen pasangan memang memilih untuk kembali ke pelukan mantan kekasih setelah putus. Salah satu penyebabnya adalah mereka memiliki dua perasaan sekaligus, benci sekaligus cinta. Di lain pihak, mereka juga memilih rujuk karena tidak yakin dengan keputusannya untuk berpisah.

"Putus" adalah masalah klasik dalam sebuah hubungan percintaan. Tidak ada kisah cinta yang hanya diwarnai oleh kebahagiaan dan romantisme.

Permasalahan yang datang silih berganti terkadang menjadi penyebab dua insan yang saling mencintai tidak bisa melanjutkan hubungannya. Tapi, bukan berarti sebuah hubungan yang telah 'rusak' tidak bisa diperbaiki.

Alasan lain memutuskan untuk kembali bersama karena mereka merasa yakin bahwa ada alasan untuk kembali bersama, setelah merasakan hidup berjauhan tanpa saling berkomunikasi.

Riset dari Kansas State University di tahun 2013 menemukan bahwa hampir separuh dari responden mengaku bersatu kembali karena merasa bahwa pasangan mereka telah berubah menjadi lebih baik, atau yakin akan lebih baik dalam berkomunikasi.

(Baca :Tips Sukses Balikan dengan Mantan Seperti Justin Bieber)

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, para peneliti menanyakan kepada responden di Kanada alasan mereka tetap bertahan atau meninggalkan hubungan mereka.

Perceraian.Thinkstock Perceraian.
Alasan populer untuk bertahan adalah karena mereka optimis-berharap pasangannya akan berubah, investasi emosional dalam hubungan, tugas keluarga, dan ketakutan akan ketidakpastian yang akan terjadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X