Kompas.com - 28/12/2017, 07:00 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Selain menjaga asupan makanan, kita perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar terbebas dari lemak. Sebab beberapa kebiasaan yang salah, malah bisa menambah lemak di tubuh. Pastinya itu adalah mimpi buruk, karena bisa meningkatkan risiko penyakit setelah itu.

Dikutip dari Men’s Fitness, setidaknya ada lima kebiasaan yang bisa membantu kita terbebas dari lemak.


1. Simpan catatan makanan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan catatan makanan. Ini bukan berarti harus menghitung kalori, tapi mencatat apa saja yang diasup. Tulis semua makanan yang masuk ke tubuh dalam sehari, setiap hari, serta perkiraan waktu makannya.

“Menyimpan catatan makanan adalah cara terbaik untuk pemula untuk mendapatkan pegangan apa yang dia makan setiiap hari,” kata Shelby Starnes, pakar nutrisi yang membantu persiapan binaragawan mengikuti kompetisi.

Setelah seminggu, Anda akan melihat pola. Anda mungkin cenderung menghidari makan saat stres, atau mengasup makanan yang kurang bernutrisi saat malam hari.

“Dua dari masalah terbesar yang saya lihat adalah terlalu banyak dan kurang makan,: ujar Starnes. “Sebuah catatan membuat kita lebih bertanggungjawab serta membantu mencari tahu di mana perlu melakukan perubahan pola makan.”


2. Minum banyak air putih

Kebiasaan baik kedua yang perlu dilakukan adalah minum banyak air putih. Tips ini terlihat mudah dilakukan namun jika tak dibiasakan bisa dengan mudah menemui kegagalan.  

Dua liter setiap hari adalah batas minimal. Tapi, Anda juga perlu menambah minum sekitar 500 ml setiap 30 menit setelah melakukan olahraga

Baca juga : Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.