Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Karbohidrat di Waktu Tepat Bantu Tubuh Bakar Lemak

Kompas.com - 01/11/2017, 09:57 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Karbohidrat seringkali mendapat reputasi buruk sebagai penyebab kegemukan. Sehingga banyak orang yang kerap menghindari karbohidrat bahkan menghilangkannya demi mendapatkan berat badan ideal.

Padahal, karbohidrat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi yang paling mudah didapat, membuat Anda tetap berenergi dan bersemangat.

Sehingga, walau sedang berdiet, sebenarnya tak ada salahnya mengonsumsi karbohidrat favorit, seperti nasi atau pasta, selama mengonsumsinya di waktu yang paling tepat. Dengan kata lain, asupan karbohidrat di waktu tertentu justu dapat membantu tubuh membakar lemak lebih banyak. Dan waktu tersebut berbeda antara pria dan wanita.

Sebuah studi di Universitas Surrey di Inggris menemukan bahwa ketika pria makan karbohidrat setelah berolahraga, tubuh pria akan membakar lebih banyak lemak dalam tiga jam usai latihan ketimbang jika pria makan karbohidrat sebelum olahraga.

Baca juga : Mana Lebih Baik: Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?

Artinya, karbohidrat bisa menjadi teman baik bila pria mengonsumsinya usai olahraga moderat setidaknya selama 50 menit atau usai latihan HIIT. Sedangkan bagi wanita justru sebaliknya; nikmati asupan karbohidrat satu jam sebelum berolahraga selama 40 menit atau sebelum latihan HIIT, agar pembakar lemak lebih banyak.

Untuk mengonfirmasi hasil tersebut, para peneliti bekerja sama dengan sebuah acara kesehatan BBC Trust Me. Kali ini, subjek pria dan wanita mengambil tiga kelas latihan; Zumba, HIIT, dan berlari, rutin setiap minggu selama sebulan dan mengasup ramuan karbohidrat sebelum dan sesudah latihan.

Hasilnya pun sama, pria yang makan karbohidrat setelah latihan dan wanita yang memakan sebelum latihan, mampu membakar lebih banyak lemak. Sehingga lemak dalam tubuh tak akan tertimbun.

Baca juga : Makan di Malam Hari Membuat Kita Lebih Cepat Tua?

Menurut penulis studi Adam Collins, Ph.D., ada banyak bukti bahwa untuk pria, berolahraga tanpa asupan karbohidrat dapat menciptakan adaptasi otot untuk membakar lemak lebih banyak. Namun agar latihan tetap berenergi, asuplah sedikit karbohidrat dari buah, seperti apel atau pisang yang dilanjutkan dengan minuman protein satu jam sebelum olahraga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com