Apa Rahasia Hidup Panjang Stephen Hawking?

Kompas.com - 15/03/2018, 16:46 WIB
Stephen Hawking Stephen Hawking

KOMPAS.comStephen Hawking tak hanya memukau banyak orang karena ia adalah pemikir yang memunculkan berbagai teori fisika yang menarik. Dia juga membuat heran dunia medis karena kemampuannya bertahan hidup di tengah terpaan penyakit ALS selama 55 tahun.

Selain pemikirannya soal fisika, yang terjadi pada Hawking adalah keajaiban. Stephen Hawking adalah satu-satunya orang dengan penyakit ALS ( amyotrophic lateral sclerosis) yang berhasil bertahan hidup hingga usia 76 tahun.

Penyakit ALS yang diidap Stephen Hawking sejak usianya 21 tahun adalah penyakit dengan angka harapan hidup kecil. Bahkan, orang-orang yang didiagnosis dengan penyakit ALS umumnya hanya memiliki harapan hidup sekitar 3-5 tahun sejak penyakit itu berkembang.

Stephen Hawking meninggal pada hari Rabu (15/3/2017) di usia 76 tahun.

"Kami berharap kami tahu karena itu akan memberi kami petunjuk untuk pengobatan," kata Dr Lucie Bruijn, ilmuwan sekaligus kepala asosiasi ALS.

"Masa hidupnya luar biasa, saya kira ada sedikit—tentu saja saya tidak mengenal orang lain—yang memiliki masa hidup yang begitu lama," tambahnya.

Dilansir dari USA TODAY, ALS dapat membunuh seseorang dalam beberapa bulan setelah diagnosis. Menurut asosiasi ALS, hanya ada 10 persen kemungkinan pasien hidup lebih dari satu dekade.

Dikutip dari HelloSehat.com, penyakit ALS adalah gangguan pada saraf-saraf motorik atau sel-sel saraf pada otak dan tulang belakang yang mengatur gerakan otot-otot lurik (otot yang digerakkan berdasarkan kemauan sendiri).

Kondisi ini terjadi saat sistem saraf di mana sel-sel tertentu (neuron) di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X