Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 14:34 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mitos mengenai angka 13 yang dianggap keramat telah diyakini oleh banyak orang di dunia ini. Maka tak heran, jika nomor 13 selalu diidentikkan dengan hal mistis dan kerap ditampilkan dalam film horor.

Nah, mitos lainnya yang tak jauh beda adalah hari jumat. Sama halnya dengan angka 13, hari jumat juga selalu identik dengan hal-hal berbau horor. Bila digabungkan, jumat dan 13 kemudian dianggap sebagai hari yang tidak baik dan "mengerikan". Mengapa begitu?

Sama halnya dengan alasa-alasan yang menyebabkan munculnya mitos 'keramat' pada angka 13, menurut laman history, penyebab hari jumat menjadi hari 'keramat' juga dipercaya berkaitan dengan akar tradisi umat kristiani.

Baca :Mengapa Angka 13 Dianggap 'Keramat'?

Yesus disalibkan pada hari jumat. Selain itu, Hawa membujuk Adam untuk makan apel yang menyebabkan mereka dijatuhi hukuman turun ke bumi pada hari jumat. Lalu, Kain membunuh saudaranya Habel pada hari jumat.

Sisi mistik tentang hari jum'at akan semakin terasa jika hari tersebut jatuh pada tanggal 13. Meskipun secara statistik, hal ini tak lebih dari sekedar takhayul, namun sejarah mencatat bahwa banyak hal-hal mengerikan yang terjadi pada jumat yang jatuh pada tanggal 13.

Dilansir dari laman Reader's diggest, berikut hal-hal mengerikan dalam sejarah yang kebetulan terjadi hari jumat tanggal 13.

1. Jumat, 13 Oktober 1307

Pada hari itu, Raja Perancis mengumpulkan dan menyiksa ribuan Kesatria Templar karena dianggap sebagai orang-orang sesat. Banyak yang menduga bahwa peristiwa ini yang menjadi awal mula hari jumat tanggal 13 menjadi hari yang menyeramkan.

2. Jumat 13 November 1829

Sepuluh ribu orang berkumpul untuk menyaksikan Sam Patch terjun dari gedung the Genesee Falls menuju ke Sungai Genesee di New York.

Beberapa minggu sebelumnya, dia melompat dari Air Terjun Niagara dan berhasil menyelesaikan aksinya dengan sukses. Sayangnya, pada aksinya yang dilaksanakan hari jumat itu, dia gagal.

3. Jumat 13 Oktober 1972

Sebuah pesawat jatuh di pegunungan Andes. Dua belas orang meninggal seketika. Beberapa korban yang selamat terpaksa harus menjadi kanibal untuk bertahan hidup.

4. Jumat 13 Oktober 1972 di Rusia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com