Konsumsi Yogurt Saat Perut Kosong Lebih Dianjurkan

Kompas.com - 23/03/2018, 08:03 WIB
Nadine Chandrawinata sedang minum yogurt saat peluncuran KIN Bulgarian Yogurt, Jakarta, Kamis (22/3/2018).KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Nadine Chandrawinata sedang minum yogurt saat peluncuran KIN Bulgarian Yogurt, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogurt merupakan salah satu santapan penuh nutrisi. Dari berbagai penelitian, susu fermentasi ini memiliki sederet manfaat seperti menyehatkan pencernaan hingga mencegah hipertensi.

Bahkan ada studi yang menyimpulkan  yogurt dapat membuat awet muda. Semua itu memang tak lepas dari kandungan yogurt yang dipenuhi oleh bakteri baik, hingga tinggi protein dan lemak baik. 

Sekali pun penuh nutrisi dan bermanfaat, yogurt tak bisa diasup di sembarang waktu. Hal ini tentu untuk mengoptimalkan manfaat yogurt.

Dokter spesialis gizi Diana F Suganda mengungkapkan waktu menyantap yogurt sebaiknya saat snack time atau waktu camilan.

“Alasannya saat snack time itu perut kosong dan itu lebih baik,” kata Diana kepada Kompas Lifestyle dalam peluncuran KIN Bulgarian Yogurt, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Saat perut kosong, bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan terserap dengan baik. Berbeda dengan perut penuh makanan, yang justru membuat yogurt kurang tercerna dengan baik. 

“Saat perut terisi penuh makanan, tubuh lagi mencerna yang utama tadi, jadi enzim semua sudah dipakai, sehingga yogurt tak dicerna,” katanya.

Umumnya snack time dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Untuk pagi yakni sekitar pukul 10, karena saat itu perut mulai kosong setelah menyantap sarapan pagi hari. Kemudian saat sore hari bisa pada pukul 4 atau 5 sore.



Close Ads X