Kompas.com - 28/03/2018, 12:41 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Ada banyak produk kosmetik yang mengklaim memiliki kandungan tabir surya (SPF). Namun, seperti halnya sampo mengandung kondisioner, para ahli menganggap hal ini hanya bagus dikonsepnya.

Secara teknis, SPF dalam foundation tak berbeda dengan produk tabir surya terpisah, dan bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Agar efektif, kita juga perlu tahu cara pemakaian yang tepat.

"Untuk mencapai kadar SPF seperti yang tertulis di label, kita harus memakai sekitar 2 mg produk persenti meter kulit, atau sekitar satu sendok ke wajah," kata ahli dermatologi Sonia Batra MD dari California.

Masalahnya, menurut Batra, kebanyakan orang tidak memakai tabir surya dalam jumlah yang direkomendasikan, bahkan kurang dari separuh yang disarankan.

Selain itu, para ahli juga menyarankan agar kita memakai ulang tabir surya setiap dua jam saat berada di bawah sinar matahari. Tentu kita tidak memakai foundation tiap dua jam bukan?

Itu sebabnya, menurut Batra, kebanyakan produk kosmetik yang mengandung SPF kurang efektif melindungi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kandungan SPF dalam kosmetik ibarat taburan gula di cake. Memang kosmetik yang mengandung SPF membantu, tapi bukan perlindungan utama," katanya.

Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, lebih baik gunakan tabir surya yang terpisah dari kosemtik.

"Gunakan dulu tabir surya, biarkan meresap sebelum memakai make up. Aplikasikan di seluruh wajah dan leher," saran Batra.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.