Kompas.com - 01/04/2018, 09:02 WIB
Hewan peliharaan John HowardHewan peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bisa menyalurkan rasa sayang kamu dengan hewan, memiliki hewan peliharaan itu ternyata banyak manfaat. Dokter hewan Rio Aditya Setiawan mengatakan setidaknya ada lima manfaat yang selama ini jarang diketahui jika memiliki hewan peliharaan. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  1. Teman hidup

Hewan peliharaan disebut bisa menjadi teman hidup karena sifatnya yang bisa membantu dan menemani. Sebagai teman, hewan bisa diajak bermain atau mendengarkan curhatan kita.

Rio mengatakan orang yang kurang percaya diri dengan orang lain bisa mulai latihan bicara dengan hewan peliharaannya.

“Nanti dia akan merasa dapat feedback, dan mulai tumbuh rasa kepercayaan dirinya,” kata Rio saat acara Happiness Festival, Taman Menteng, Jakarta pusat, Sabtu (31/3/2018).

  1. Sehat fisik

Selain menjadi teman hidup, hewan peliharaan juga bisa membuat fisik sehat. Rio mencontohkan hewan peliharaan seperti anjing yang butuh diajak berjalan-jalan.

“Pemiliknya kan juga bisa sekalian latihan,” katanya.

Selain itu, memeliharan hewan juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini lantaran, menurut Rio, ada penelitian yang membuktikan jika interaksi antara pemilik dan hewan peliharaan akan mengeluarkan hormon oksitoksin, salah satu yang memicu orang rileks dan bahagia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Kesehatan mental  

Selain meningkatkan kesehatan fisik—kesehatan mental juga menjadi manfaat lain. Sebagai teman, kata Rio, hewan peliharaan bisa membantu orang yang mengalami kecemasan atau kegelisahan. 

Dia mencontohkan salah satu temannya yang membuat program mengentaskan masalah keceemasan dengan hewan peliharaan. Program tersebut dilakukan di Aceh pasca terjadi tsunami. 

“Kami gunakan burung (sebagai teman dan program) dan mengejutkan, mereka bisa lebih baik,” kata Rio. 

  1. Lebih bertanggungjawab

Memiliki hewan peliharaan itu harus dirawat dengan baik. Karena hewan juga mahluk hidup, perlu mendapatkan makan, minum dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan kualitas hidup seperti bermain. 

Karena itu, selain mengurus diri sendiri, pemilik juga harus mengurus hewan peliharaannya.

“Dengan mengurus hewan peliharaan juga, dia bisa lebih bertanggungjawab, karena bukan hanya diri sendiri yang diurus,” katanya.

  1. Menemukan pasangan

Walau tak pasti, tapi hewan peliharaan bisa membuat kamu yang masih sendiri menemukan pasangan hidup. Rio mengatakan hal ini bisa terjadi jika kamu ikut komunitas atau bertemu dengan pemilik hewan serupa. Setelah tukar pikiran, mungkin saja bisa cocok satu sama lain, kata Rio.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X