Kompas.com - 03/05/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi ikan tuna. hungryworksIlustrasi ikan tuna.

KOMPAS.com - Ikan tuna merupakan jenis ikan laut terfavorit. Jenis olahan yang paling banyak dikonsumsi misalnya dalam bentuk tuna kaleng atau diolah menjadi sushi dan sashimi.

Ada sekitar 40 spesies tuna yang hidup di lautan Atlantik, Indian, dan Pasifik, serta laut Mediterania.

Untuk tuna kalengan, biasanya yang dicari adalah yang dagingnya tidak terlalu tebal seperti jenis skipjack dan yellowfin. Sementara untuk sushi dan sashimi, tuna berlemak bluefin (sirip biru) paling dicari di Jepang.

Bukan cuma kandungan asam lemaknya, tapi tuna juga rasanya lezat. Permintaan tuna yang tinggi  berdampak pada populasi tuna yang terus menurun.

Organisasi PBB untuk Makanan dan Pertanian (FAO) mengingatkan pentingnya manajemen yang efektif untuk mengembalikan stok ikan yang paling banyak ditangkap, termasuk tuna.

Total tangkapan tuna dan spesies tuna mencapai 7,7 metrik ton dari seluruh dunia. Menurut FAO ini adalah rekor baru tangkapan tuna.

Tanggal 2 Mei diperingati oleh PBB sebagai Hari Tuna Sedunia. Tujuan dari peringatan tersebut untuk mengenali pentingnya peran tuna dalam pembangunan yang berkelanjutan, keamanan pangan, kesempatan ekonomi, dan juga mata pencarian penduduk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber UN.org
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.