Kompas.com - 09/05/2018, 23:23 WIB
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Soal menuangkan dan menyajikan bir ternyata ada kompetisinya. Karena ternyata, cara yang salah bisa mempengaruhi rasa.

Selain langkah pertama yakni menggunakan gelas bening yang bersih, ada empat langkah penyajian bir lagi yang musti dikuasai bartender untuk konsumen.

"Lima langkah ini dilakukan agar diperoleh cita rasa bir berkualitas," tutur Global Draught Master Heineken Erik Tackenkamp di sela-sela perhelatan Heineken Global Bartender Competition 2018, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

"Kami menyebut langkah ini sebagai Heineken Star Serve," tutur Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Niaga Mariska van Drooge dalam kesempatan tersebut.

Sembari memeragakan langkah-langkah tersebut satu demi satu, Erik mengatakan bahwa teknik pencucian gelas atau rinse, difokuskan agar tak ada lagi gelembung-gelembung air bercampur oksigen di dasar gelas.

"Jadi harus bersih ya," tuturnya.

Langkah kedua, kata Erik, adalah teknik menuang dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat atau pour.

"Saat menuang, jangan sampai selang penuang bersentuhan dengan bibir botol. Nanti birnya tidak higienis," lanjut Erik.

Terus, langkah ketiga adalah skim atau teknik meratakan busa bir menggunakan alat khusus di atas bibir gelas.

Keempat, imbuh Erik, adalah check. "Bartender harus memastikan tinggi busa berada pada bahu logo bintang merah Heineken."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.