Kompas.com - 16/05/2018, 16:16 WIB
Ilustrasi persahabatan Digital Vision.Ilustrasi persahabatan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita cenderung seragam dan sependapat dengan sahabat kita dalam berbagai hal. Ini sudah disadari bahkan oleh Aristotle ribuan tahun lalu.

Para ilmuwan juga mengungkap bahwa seseorang cenderung berteman dengan orang-orang yang memiliki kesamaan, misalnya dari faktor gender, usia, etnis, dan lainnya.

Namun, betapa seragamnya seseorang dengan sahabatnya adalah fakta yang selalu mengejutkan. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang dengan sahabatnya memiliki level genetik yang sama seperti sepupu.

Hal menarik lainnya adalah seseorang dan sahabatnya bahkan cenderung memproses segala sesuatu di dunia secara seragam.

Salah satu laporan yang dipublikasikan Nature Communication belum lama ini mengungkap bahwa seseorang dan sahabatnya memiliki respons neural yang sama terhadap sebuah film.

Dengan kata lain, para ilmuwan bisa menebak mana partisipan yang sepasang sahabat dan bukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semakin jauh hubungan sosial seseorang dengan orang lainnya, maka makin sedikit juga kesamaan respons otak mereka.

Baca juga: Mengapa Pria Butuh Sahabat Dekat

Para ilmuwan menyimpulkan, kita seringkali memiliki pemikiran dan reaksi sama dengan sahabat-sahabat kita dalam hal merespons segala hal di sekitar kita.

Studi tersebut dilakukan oleh Carolyn Parkinson, seorang pakar ilmu saraf di University of California, Los Angeles bersama rekannya Adam Kleinbaum dan Thalia Wheatley dari Dartmouth College.

Pertama, mereka menganalisa jejaring sosial 279 orang dari graduate school program untuk menjelaskan hubungan mereka dengan setiap orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.