Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2018, 06:29 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Royal Jelly termasuk dalam salah satu bahan yang sejak lama digunakan untuk merawat kecantikan. 

"Kenapa Ratu Cleopatra kulitnya halus dan bagus? Itu berhubungan dengan konsumsi dia royal jelly."

Demikian ungkap Markering Manager Jafra Indonesia, M. Adri Rinaldi saat memperkenalkan rangkaian produk perawatan kulit Royal Jelly Ritual di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Adri menambahkan, royal jelly merupakan satu-satunya makanan dari ratu lebah. Royal jelly lah yang menjadi rahasia di balik hidup panjangnya dan mengapa ukuran ratu lebah empat kali lebih besar daripada lebah pekerja.

Royal jelly dipercaya memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Itulah mengapa royal jelly juga dimanfaatkan untuk produk kecantikan kulit.

Dermatolog dr. Weny Yulisandrarini S. Ked, Beauty Training Manager Jafra Indonesia Febiolla Arlita Young dan Markering Manager Jafra Indonesia, M. Adri Rinaldi (paling kiri ke kanan) seusai talkshow di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/5/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dermatolog dr. Weny Yulisandrarini S. Ked, Beauty Training Manager Jafra Indonesia Febiolla Arlita Young dan Markering Manager Jafra Indonesia, M. Adri Rinaldi (paling kiri ke kanan) seusai talkshow di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/5/2018).
Dermatolog dr. Weny Yulisandrarini S. Ked menjelaskan beragam manfaat dari royal jelly.
Royal jelly merupakan cairan berwarna putih keruh yang dihasilkan oleh kelenjar hipofaring lebah pekerja. Royal jelly digunakan sebagai nutrisi untuk larva dan ratu lebah.

Nutrisi ini lah yang bermanfaat untuk meningkatkan ukuran, kesuburan dan umur panjang ratu lebah.

Secara umum, royal jelly baik dikonsumsi masuk ke dalam tubuh, maupun diaplikasikan secara eksternal.

"Dua-duanya bagus. Kalau diminum akan lebih cepat diserap oleh organ, darah dan diaplikasikan ke kulit. Sedangkan dari luar otomatis dari lapisan atas dulu," kata Weny.

Beberapa manfaat yang terkandung dari royal jelly, di antaranya vitamin B kompleks, asam amino dan enzim.

Royal jelly juga memiliki sifat antibakteri dan antibiotik alami, anti-peradangan, memiliki sifat menyembuhkan luka, anti-ageing dan anti-kerutan, antioksidan, serta berfungsi sebagai tabir surya.

"Saya pernah juga baca jurnal tahun 1987 bahwa radang pada kulit tidak langsung menggunakan antibiotik tapi royal jelly," paparnya.

"Pemakaiannya di atas lapisan kulit lama-lama mengerut dan mengempes. Meski memang prosesnya lebih lama ketimbang antibiotik," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com